Cilacap: Kota Bercahaya

Selamat Datang Di Kota Cilacap… hoho. . .

hehe.. kali ne nulis tentang Cilacap.. tulisan dan foto foto yang ada merupakan kompilasi dari berbagai sumber, situs pemkab cilacap, situs pertamina UP IV Cilacap, hasil dr Googling, wikipedia. thanks bgt bwat semua.. hehe :)

hmm.. Cilacap itu kabupaten terluas di Jawa Tengah (kata Wikipedia ini), Di sebelah selatan ada Pulau Nusa Kambangan, yang memiliki Cagar Alam Nusakambangan, (belum pnah kesana seh, kapan2 bs dicoba) di pulau itu ada beberapa Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I yang masih aktif antara lain: LP Permisan, LP Kembang Kuning, LPBatu, dan LP Besi. Beberapa LP disitu dah berstandar SMS (Super Maximum Security), bwt penjahat kelas kakap. hoho..

Salah satu Lapas yang ada di Cilacap

KOTA INDUSTRI, ya mungkin bisa dibilang begitu, karena Cilacap satu dari tiga kawasan industri utama di Jawa Tengah (selain Semarang dan Surakarta). Banyak industri, banyak debu. hmm..

Ada  5 industri yang tergolong industri besar:

  1. Pertamina Revinery Unit IV
  2. Pabrik Semen HOLCIM Indonesia Pabrik Cilacap
  3. Pabrik Tepung Panganmas Inti Persada
  4. PLTU Karangkandri
  5. Pengolahan Ikan PT Juifa Internasional
Kilang Pertamina Cilacap

Pertamina Unit Pengolahan IV Cilacap merupakan salah satu dari 7 jajaran unit pengolahan yang memiliki kapasitas produksi terbesar yakni 348.000 barrel/hari, dan terlengkap jenis produknya. Kilang ini bernilai strategis karena memasok 34% kebutuhan BBM nasional atau 60% kebutuhan BBM di Pulau Jawa. Selain itu kilang ini merupakan satu-satunya kilang di tanah air saat ini yang memproduksi aspal dan base oil.

Pabrik Semen HOLCIM Cilacap

Pabrik semen ini dibangun pada tahun 1974 dengan nama PT. Semen Nusantara. Perusahaan ini awalnya bernama PT Semen Cibinong Tbk yang didirikan pada tahun 1971.  Seiring dengan perkembangan indsutri dan bisnis maka padu tahun 2001 diganti menjadi PT. HOLCIM. Kapasitas produksi 780 ton/ hari dengan baha baku pembuatan semen antara lain : batu kapur, tanah liat, pasir kwarsa, pasir besi dan gibs.

PLTU Cilacap

Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang terletak di pintu masuk kota Cilacap dibangun padu tahun 2004 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006. Pembangunan PLTU Karang Kandri dilakukan oleh Chengda Engineering Corporation of China (CECC) dengan nilai investasi sebesar U$ 510 juta.PLTU Karang Kandri dalam operasional kegiatan menggunakan batu bara sebanyak 2 juta ton/ tahun dengan distibusi jaringan listik Jawa-Bali dan kapasitas produksi sebesar 2 x 300 MW. Rencananya akan dibangun lagi PLTU Bunton atau PLTU Cilacap II dengan kapasitas 2 X 300 megawatt (MW) untuk mendukung pasokan listrik Jawa Bali

Merupakan bandara kecil yang dapat didarati pesawat penumpang kecil dengan landasan sepanjang 2300m, lebar 30 m, dan tempat parkir pesawat 125 x 90 m. Mampu didarati pesawat jenis CN 235, Bandara ini sempat dimiliki oleh Pertamina UPIV Cilacap.

Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap merupakan satu-satunya pelabuhan di Pantai Selatan Pulau Jawa bagian Selatan yang merupakan pintu gerbang perekonomian bagi daerah Jawa Tengah bagian Selatan, Daerah Istimewa Jogjakarta dan Jawa Barat bagian Selatan untuk melakukan perdagangan ekspor impor maupun antar pulau. Beberapa komoditas seperti BBM dan aspal dari Pertamina, Pupuk Sriwijaya, Pasir Besi PT Aneka Tambang.

alun alun cilacap dengan bukaan diafragma yang lambat, efek lampu dan suasana malam yang indah..
Nice View, Great Photo’s…

Tentang vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
Tulisan ini dipublikasikan di Daily Experience, Traveling dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Cilacap: Kota Bercahaya

  1. Andika berkata:

    November kemarin saya ke Cilcacap, mantap juga.

  2. tina berkata:

    Cilacap gag akan pernah aku lupain…

  3. rinding berkata:

    pernah tugas di cilacap selama 3 tahun, banyak kenangan yg tdk terlupakan di cilacap, dan cilacap adalah kota yg menyenangkan, saya harap suatu saat saya akan tugas di cilacap lagi.

  4. I.Wayan Wisnhu.WSH berkata:

    Saya dilahirkan di kota ini dan menyelesaikan SMA juga disini, karena kepentingan masa depan pada tahun 1981 saya hijrah untuk menuntut ilmu dilanjutkan dengan pekerjaan yang saya dapatkan dikota lain, saya beruntung telah mendapatkan kesempatan bertandang ke negara orang, baik itu di asia, afrika maupun di eropa.
    Tahun 2009 saya berkesempatan mudik untuk menengok orang tua dan saudara-saudara yang sampai saat ini menetap dan berdomisili dikota ini. Kesan pertama yang saya tangkap dari indra mata saya, penataan kota kurang serasi, karena semenjak menginjakkan kaki di Gumilir sampai keseluruh pelosok kota, hampir semua bangunan yang berada ditepi jalan maju kedepan mendekati torotoar, sehingga terkesan gersang, karena kurang penghijauan, saran saya agar cilacap terasa nyaman serasi dan sejuk, hendaknya rumah-rumah yang berada dipinggir jalan diwajibkan untuk menanam pohon, hal ini mengingat kota kita ini kota pantai, saya tidak terbayangkan kalau penghijauan terabaikan. Saat saya meninggalkan kota ini, meninggalkan kenangan dan teman-teman saya 30 tahun yang lalu, kota ini terasa sejuk walaupun musim kemarau, karena masih banyak pohon-pohon besar, apalagi kalau kembali ke 50 tahun yang lalu saat saya masih kecil, pohon-pohon kenari berjajar rapi, anda-anda (khususnya pejabat) merasakan bahwa saat ini untuk mendapatkan air bersih untuk warga kota sangat sulit, bukan, karena itu tolong perhatikan penghijauan, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s