Tenang, Privatisasi BUMN Lewat IPO itu Bukan Bearti Dijual ke Asing

Saya sempat ingat pembicaraan dikelas mengenai pendapat kontra mengenai privatisasi BUMN. Dibayangan kita, privatisasi BUMN adalah dijual ke asing. Sudah pasti jika pengertiannya begitu, kita tidak setuju.

Memang pemerintah (jaman dulu) melakukan privatisasi dengan menjual BUMN seperti PT Indosat Tbk, PT Telkomsel  kepada pihak asing,  saat itu pemerintah tidak punya uang sehingga dari hasil penjualan BUMN tersebut akhirnya dimasukkan dalam kas negara yaitu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). (contohnya: salah satu BUMN yang dijual ke pihak asing adalah PT Indosat Tbk (ISAT) dijual ke Singapore Telecom Ltd (SingTel) yang menjadi pemilik saham terbesarnya)

Namun, privatisasi yang ditempuh Kementerian BUMN saat ini, berbeda dengan konotasi privatisasi seperti Indosat, Telkomsel. Saat ini, proses privatisasi BUMN hanya akan berlangsung melalui penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). Di mana pembeli saham-saham BUMN akan diarahkan untuk investor lokal dan pemerintah akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas di perusahaan tersebut.

Privatisasi lewat IPO jauh berbeda, dimana IPO saat ini dilakukan semata untuk mengembangkan BUMN, dimana  pembeli sahamnya mayoritas  adalah investor dalam negeri.

Pengembangan usaha BUMN hanya akan dilakukan melalui IPO pasar modal dan penggabungan sejumlah perusahaan ke induk usaha (holding company). Jadi tidak ada lagi penjualan BUMN ke asing!!

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan justru berkeinginan BUMN bakal mampu membeli perusahaan di luar negeri dalam dua tahun ke depan.

Kita dukung usaha Pak Dahlan Iskan!!! Tentunya akan menjadi berita gembira bila ke depan kita membaca berita bahwa banyak BUMN bisa melakukan akuisisi sejumlah perusahaan di  luar negeri. :)

About these ads

Tentang vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
Tulisan ini dipublikasikan di Finance n Economy dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s