Memasang Pendingin Procie dengan Benar…

Sedikit berbagi pengalaman dalam memasang processor, belum lama ni skitar bulan september-oktober 2009 kemaren, Qu ngerusak HSF(pendingin) dari Processor di komputerqu (cerita ngerusak dan ganti HSF Procie akan ku tulis pada postingan berikut’a)…

berikut adalah cara memasang pendingin processor secara benar. diambil dari artikel MAXIMUM PC (yang telah diterjemahkan🙂

http://www.maximumpc.com/article/howtos/howto_install_cpu_and_apply_thermal_paste

Anda tahu dalam merakit PC ada satu hal yang cukup mempengaruhi kestabilan system PC Anda, yaitu

pemasangan pendingin Processor, Mengapa? Karena, pemasangan pendingin processor yang tepat akan membantu kestabilan kinerja PC Anda dan mencegah timbulnya masalah, mulai dari overheating yang membuat Processor masuk dalam mode underclock, sehingga memperlambat performa system secara keseluruhan, atau yang paling parah kesalahan pemasangan Processoor bias membuat processor Anda mati permanen (baca:meninggal dunia).

Tapi jangan khawatir! Sebenarnya tidak terlalu sulit dalam menginstal CPU baru, sepanjang Anda tahu apa yang Anda lakukan.  Untuk memasang pendingin kita membutuhkan HSF (Heatsink and Fan=pendingin itu sendiri) dan thermal paste, yaitu pasta yang menjadi penghantar panas dari permukaan processor untuk diteruskan ke HSF.

Jadi apa yang termal paste sih?

Ni yg nama'a thermal paste, bukan suntik'an lho..

Termal paste adalah jenis agen mentransfer panas yang berfungsi untuk mengisi celah-celah mikroskopik yang secara alamiah terjadi ketika dua permukaan logam datar-seperti CPU anda. Karena permukaan bawah HSF tidak benar-benar rata maka terdapat celah udara yang menghambat laju pendingin dalam menyerap panas dari CPU, Untuk itu disinilah tugas thermal paste untuk mengisi ruang kosong dan sebagai perantara.

Ada beberapa jenis bahan termal, termasuk keramik dan logam berbasis pasta dan padat, lilin termal pad. Biasanya kalo HSF standar yang di bundle oleh produsen processor hadir dalam bentuk sperti stiker/thermal pad, yang sudah tertempel pada HSF .

Namun, pada pendingin bukan standar biasanya dalam bentuk pasta, yang rata-rata lebih baik dalam menghantarkan panas

Langkah 1: Persiapan CPU dan pendingin

Bebaskan diri Anda dari listrik statis terlebih dahulu dengan cara memegang benda logam  atau menyentuh tanah. Walaupun kita bera- da di negara tropis, tidak berarti kita benar-benar bebas dari listrik statis. Efek samping dari  listrik statis ini sangat fatal, yakni dapat meru-sak komponen.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang  tidak diinginkan karena faktor lingkungan, bekerjalah di tempat yang kering, bersih dan  memiliki suhu ruang yang tidak terlalu panas  maupun dingin

Bersihkan sisa2 thermal paste yg masih nempel

Jika HSF Anda pernah digunakan atau Anda habis melepas dan akan memasang kembali HSF tersebut, biasanya terdapat sisa-sisa thermal paste yang telah mengering, menempel pada HSF,

jadi kita harus membersihkan sisa thermal yang lama, kita bisa menggunakan  ArctiClean, yang memiliki kandungan alcohol tinggi, dengan satu atau dua tetes dan membiarkannya agar bias melunakkan thermal paste yang telah lama menempel.  Lalu, kita seka bersih dengan kain, jangan pake tisu agatr tidak meninggalkan serat(ni pengalaman, gara pake tisu, malah serat tisu belepotan ikut nempel di HSF) Ulangi proses ini sampai CPU dan dingin benar-benar bersih, dan kemudian lanjutkan.
Langkah 2: Gunakan pasta termal  baru
Beberapa orang mengatakan Anda harus member thermal paste dalam sebuah titik, beberapa baris, beberapa dua baris, ada sebuah “X,” dan seterusnya. Sebenarnya semua’a benar yang penting kita harus meratakannya untuk mendapatkan lapisan setipis kertas di atas CPU anda.

Inilah yang kami sarankan:
Pertama, masukkan CPU ke dalam soket di motherboard anda.

yang penting merata

Lalu beri thermal paste,  tidak perlu banyak yang penting merata, Jumlah thermal paste yang dibubuhkan cukup sebesar kira-kira 2 butir beras pada bagian  tengah-tengahnya

Selanjutnya, pasang HSF dengan posisi tegak lurus, Anda dapat sedikit menekan dan menggeser-geser sedikit agar pasta tersebut merata. Lalu kunci HSF, Anda, mekanisme penguncian bias berbeda tergantung merk HSF.

Jangan lupa colokan konektor power fan HSF pada motherboard. Kelalaian akibat lupa mencolokan konektor ini dapat menyebabkan  kinerja prosesor tidak optimal dan bahkan kerusakan pemanen akibat panas yang berlebih.

Pasang HSF

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in IT and Computer's and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s