Profil Tim F1 2010: Mercedes GP

MERCEDES

Nico Rosberg dan Michael Schumacher

  • Pembalap: Michael Schumacher, Nico Rosberg
  • Mulai di F1 : 2010
  • Mesin: Mercedes V8
  • Posisi 2009 : 1

Tahun 2009 tim ini bernama Brawn yang menjadi juara dunia dalam kategori mesin dan berganti nama setelah pabrik mobil Jerman itu membelinya.

Prestasi tahun lalu merupakan cerita indah karena tim ini ditinggalkan oleh sponsor utama, Honda yang keluar dari Formula satu karena kelesuan ekonomi global, dan direktur utamanya Ross Brawn memutuskan untuk membeli tim ini.

Ditengah masalah administrasi dan sponsor, tim berhasil membuat mobil yang lebih cepat dari tim-tim lain sehingga berjaya di paruh awal musim balap 2009.

Banyak pihak memandang kejayaan Brawn itu berhasil dikejar tim lain di tengah musim balap, namun hal itu dipatahkan oleh kemenangan Rubens Barrichelo di GP Valencia dan Monza.

Musim 2010 akan lebih ketat dan menyulitkan tim Mersedes karena ekspektasi sebagai juara dunia kategori mesin, namun tim ini dipastikan akan sibuk membuat mobil andalannya tetap berada di depan dan Ross Brawn dipastikan akan bekerja keras untuk memenuhi target itu.

Pembalap

Tim ini diperkuat oleh dua pembalap Jerman, salah satunya adalah Michael Schumacher. Pembalap legendaris dan juara dunia tujuh kali ini kembali turun ke Formula 1 setelah pensiun dan terakhir kali memperkuat tim Ferrari.

Masalah fisik yang sebelumnya diperkirakan akan menjadi hambatan sekarang tidak akan lagi menjadi faktor penentu, demikian juga dengan teknologi tinggi dalam mengendalikan kendaraan.

Yang patut dipertanyakan adalah keandalan berlaga di sirkuit yang bisa jadi akan sedikit menurun setelah pembalap berusia 41 tahun ini beberapa lama tidak mempergunakan keahliannya.

Schumacher tidak memiliki beban karena dia tidak merasa harus membuktikan kepiawaiannya sebagai pembalap Formula 1 setelah mengantungi tujuh gelar juara dunia, namun ekspektasi penggemar olahraga balap ini akan sangat tinggi dan mereka mengharapkan Scumacher bisa kembali bersaing dengan para pembalap muda.

Karir Schumacher sebelumnya diwarnai dengan perilaku agresifnya di sirkuit yang terkadang mendorongnya melakukan manuver yang tidak pantas. Lalu apakah perilaku ini sekarang sudah berkurang setelah pembalap ini semakin berumur? Jawabannya masih harus ditunggu, yang pasti ambisi pembalap yang sangat kompetitif ini dipastikan tidak akan berkurang, jika tidak untuk apa dia kembali dari masa pensiunnya.

Mercedes GP W01

Bagi Nico Rosberg, putera dari juara dunia 1982 Keke Rosberg, musim 2009 adalah saat penting dengan menampilkan prestasi yang lebih baik dengan tim Williams, meski tim itu tidak memandangnya demikian.

Pembalap yang karirnya terhadang oleh kemunculan pembalap muda seperti Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel ini selalu menunjukkan prestasi gemilang meski tidak didukung oleh kendaraan yang prima.

Saat bergabung dengan Williams tahun 2009, pembalap ini selalu tampil prima saat latihan namun gagal mewujudkan potensinya dalam balapan sebenarnya. Namun, kecepatan dan konsistensinya mulai menunjukkan hasil dengan masuk garis finis dan mendapatkan angka.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Sport's. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s