Profil Tim F1 2010: McLaren

MCLAREN
  • Pembalap: Lewis Hamilton, Jenson Button
  • Mulai di F1: 1966
  • Mesin: Mercedes-Benz V8
  • Posisi 2009: 3

Di musim balap 2009, McLaren mengalami awal yang terburuk dalam 43 tahun sejarah mereka, namun di akhir musim tim ini berhasil mengejar ketinggalan.

Penyebab utama adalah kendaraan yang tidak bisa menandingi mobil balap tim lain, namun tim Inggris ini kemudian berhasil membuat kendaraan yang lebih prima dan Lewis Hamilton mengumpulkan angka lebih banyak dari pembalap lain di bagian kedua musim balap 2009 termasuk menang di GP Hongaria dan Singapura.

Untuk tahun ini McLaren berhasil mengembangkan mobil yang lebih cepat dari mobil tahun lalu sehingga banyak pengamat menyebut tim ini akan mencatat sukses di musim balap tahun 2010.

Pembalap

Lewis Hamilton

Juara dunia 2008 Lewis Hamilton gagal mempertahankan gelar tahun 2009 karena McLaren terlalu berkonsentrasi pada sistem pemulihan energi Kers namun gagal memperhatikan kemampuan kendaraannya di sirkuit.

Pertikaian di GP Australia, ketika Hamilton dan timnya tidak memberitahu pengawas balapan mengenai keamanan saat dia menyusul Jarno Trulli saat mobil keselamatan dioperasikan, merusak citra dan rasa percaya diri pembalap Inggris ini.

Namun, di paruh kedua musim balap Hamilton berhasil membalikkan situasi dengan naik masuk tiga besar sejak GP Jerman dan memenangkan GP Hongaria serta Singapura.

Pembalap ini semakin dewasa dibandingkan tahun 2008 saat dia menjadi juara dunia dan sejumlah pengamat memperkirakan kesempatannya merebut gelar itu kembali masih besar.

Juara dunia 2009 Jenson Button pindah ke tim ini dari Brawn dan membuat McLaren diperkuat oleh dua juara dunia dalam dua tahun terakhir.

Dengan dibantu oleh mobil andalan Brawn, yang berhasil memanfaatkan perubahan peraturan di bidang teknis formula 1 sejak awal, Button bersinar di tahun 2009.

Pembalap ini berhasil memenangkan enam dari tujuh Grand Prix awal bahkan di GP Turki dia meninggalkan lawan-lawannya jauh di belakang saat memasuki garis finis. Dalam musim balap 2009 dia hanya satu kali gagal mengumpulkan angka yaitu di GP Belgia.

Dua pembalap McLaren ini memiliki karakter berbeda, Lewis Hamilton cenderung mengendarai mobilnya tanpa memperdulikan tim lain, dia bahkan dianggap terlalu egois oleh sesama pembalap satu sifat yang disinyalir juga dimiliki oleh Michael Schumacher.

Sementara, Button adalah seorang pembalap yang memperhatikan keamanan dan cenderung meningkatkan kecepatan secara bertahap.

Pembalap ini juga tampak tidak bisa mengatasi ekspektasi yang berkembang setelah berprestasi luar biasa di awal musim, akibatnya dia hanya memenangkan satu GP (GP Brasil) di paruh akhir musim balap 2009.

Akan menarik dilihat persaingan dan kerjasama dua pembalap Inggris ini di satu tim dan siapa yang akan menjadi pembalap yang dikalahkan, dan apakah mereka akan mengalah mengingat keduanya adalah pembalap nomor satu di tim sebelumnya.

Source: Liputan Khusus BBC Indonesia

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Sport's. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s