Profil Tim F1 2010: Ferrari

The Ferrari F10

  • Pembalap : Fernando Alonso, Felipe Massa
  • Mulai di F1 : 1950
  • Mesin : Ferrari V8
  • Posisi 2009 : 4

Musim balap 2009 adalah tahun sulit bagi tim ini karena tidak mengikuti perubahan dalam peraturan teknis sehingga mobil mereka tidak memiliki kecepatan yang biasanya selalu menjadi fitur utama mobil F1 Ferrari.

Ferrari juga terkena dampak sangat parah akibat kecelakaan yang dialami Felipe Massa di GP Hongaria. Penggantinya, Luca Badoer, kesulitan dalam mengendalikan kendaraan yang rumit dan sulit seperti mobil F1 Ferrari sehingga diganti oleh Giancarlo Fisichella.

Tetapi mobil balap Ferrari mungkin merupakan kendaraan paling rumit di ajang F1 dan ini dianggap sebagai kelemahan. Satu tim balap seharusnya mempermudah pembalap dalam mengendarai mobil balap tanpa ada kerumitan dalam pengendaliannya. Hal ini penting karena pembalap memiliki kebebasan dalam mengambil keputusan saat berlaga di sirkuit.

Penggantian Kimi Raikkonen oleh Fernando Alonso merupakan kejutan, karena Raikkonen berhasil mengendalikan mobil Ferrari yang rumit itu dengan baik. Tetapi sisi positifnya adalah Alonso di tim Ferrari akan menjadi aspek yang paling menarik dalam musim balap 2010.

Felipe Massa masih menjadi pembalap yang difavoritkan oleh tim Ferrari – dia lebih disukai dari Raikkonen. Tetapi ada sejarah buruk antara Massa dan Alonso yang bisa mengganjal kerjasama dua pembalap handal ini.

Alonso memiliki sikap seenaknya sendiri selama itu untuk kepentingannya, ini terlihat saat dia bergabung dengan McLaren tahun 2007. Akan tetapi pembalap Spanyol ini adalah pembalap yang bisa diandalkan untuk mencetak angka dan berprestasi dan dalam hal ini Ferrari diuntungkan.

Pembalap

Felipe Massa dan Fernando Alonso

Fernando Alonso memang ditakdirkan di Ferrari satu saat dalam karirnya, dan setelah masa sulit bersama Renault tahun 2009 keputusan pindah ke Ferrari sangat tepat.

Tim ini akan merangkul dan mengharapkannya berprestasi hebat – sepanjang tim berhasil menemukan cengkaraman ban yang sesuai pada mobil balap ferrarinya.

Pembalap Spanyol ini mengaku bukan yang pembalap tercepat, namun pada kenyataannya dia memiliki bakan alami untuk menggenjot mobil balapnya. Dia jarang sekali menunjukkan kinerja buruk di sirkuit dan seperti Michael Schumacher, Alonso memiliki kemampuan mengatasi masalah yang dihadapi di sirkuit, baik berupa masalah sirkuit ataupun mobil.

    Satu kelemahannya adalah kepribadiannya yang sulit dan sifatnya yang selalu menuntut yang terbaik seperti yang terlihat saat dia masih bersama McLaren tahun 2007. Dia memiliki ego yang tinggi dan kurang memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan rekan satu tim.

    Sejak mengalami kecelakaan fatal di GP Hongaria tahun lalu, Felipe Massa, sudah sembilan bulan tidak membalap di sirkuit Formula 1. Dia hanya memiliki kesempatan kembali mengendarai mobil Ferrari dalam latihan awal tahun bulan Februari.

    Situasinya tidak menguntungkan karena dia harus bermitra dengan Fernando Alonso yang merupakan salah satu pembalap Formula 1 terbaik dan bukan orang yang mudah mengalah dengan rekan satu tim.

    Kedua pembalap ini sempat berselisih dan hubungan dalam satu tim Ferrari akan menjadi satu bahan berita yang menarik untuk diperhatikan di musim balap 2010.

    Felipe Massa adalah pembalap yang terus membaik prestasinya dan tahun 2008 dia berhasil membuktikan kemampuan itu dengan hanya kalah satu angka dari gelar juara dunia di GP terakhir.

    Sumber: Liputan Khusus BBC Indonesia

    About vincenthree

    Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
    This entry was posted in Sport's. Bookmark the permalink.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s