Profil Tim F1 2010: Lotus

Lotus T127

Pembalap : Jarno Trulli, Heikki Kovalainen

Mulai di F1 : 1958

Mesin : Cosworth V8

Posisi 2009 : 0

Tim ini kembali ke arena Formula 1 di musim balap 2010 sejak 1994, setelah pemilik Air Asia Tony Fernandes membeli hak penggunaan nama Lotus.

Tim ini bukan penjelmaan tim Lotus lama yang sukses di tahun 1960 an dan 1970 an, namun para pembesar F1 memperlakukannya sama dengan tim lama karena sejarah besarnya.

Tony Fernandes pun serius menggarap tim ini dengan merekrut disainer F1 terkemuka, Mike Gascoyne, yang pernah bergabung dengan Renault dan Toyota. Dari sisi pembalap, tim ini mempergunakan jasa dua pembalap F1 yang berpengalaman.

Pembalap

Fairuz Fauzy dan Heikki Kovalainen

Prestasi Jarno Truli tahun lalu, seperti juga di sepanjang karirnya di Formula 1, tidak konsisten. Pembalap ini sering kali membabi buta saat di sirkuit.

Dengan prestasi tiga besar di Australia, Bahrain dan Jepang pembalap ini membuktikan dirinya bisa berhasil jika didukung dengan kendaraan yang bagus dan tidak dirongrong masalah teknis.

Dia memiliki pengalaman panjang ditambah kemampuan di sirkuit dan stamina yang prima dan ini semua akan membantu tim Lotus baru menjejakkan nama di musim pertama Formula 1.

Potensi Heikki Kovalainen belum sepenuhnya terwujud sepanjang karir Formula 1 meski dia memiliki bakat dan kecepatan. Masalahnya adalah rasa percaya diri yang kurang terutama jika mengendarai mobil yang kurang handal.

Titik terendah dalam karir Kovalainen adalah GP Italia, ketika itu dia berada di posisi keempat start dengan strategi sempurna yang diperhitungkan dengan jumlah bahan bakar yang cukup dan jika semua berjalan lancar dia seharusnya bisa juara, namun dia hanya berada di posisi keenam saat finis.

Saat itu McLaren mendukung penuh Kovalainen namun kegagalannya di Italia ini membuat tim itu melirik pembalap lain untuk menggantikannya.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Sport's. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s