Profil Tim F1 2010: Renault

Renault R30

  • Pembalap : Robert Kubica
  • Mulai di F1: 1977
  • Mesin : Renault V8
  • Posisi 2009 : 8

Musim balap 2009 adalah tahun yang sulit bagi Renault. Pertama, kendaraannya tidak memiliki kecepatan untuk bisa bersaing dengan tim lain, kedua, tim ini terlibat skandal pengaturan pertandingan di GP Singapura yang dianggap sebagai skandal kecurangan terbesar dalam cabang olahraga balap ini.

Flavio Briatore kehilangan pekerjaan sebagai direktur utama tim, padahal dia adalah tokoh flamboyan di Formula 1 yang sudah makan asam garam dan sangat mendukung cabang olahraga ini.

Setelah tim di luar sirkuit hancur akibat skandal itu, Renault juga mempergunakan dua pembalap baru setelah Fernando Alonso pindah ke Ferrari, sementara Nelson Piquet Jr dikeluarkan karena terlibat dalam skandal di GP Singapura tersebut.

Tim Renault yang terkena skandal ini tetap menunjukkan komitmen untuk tetap terlibat dalam Formula 1 dengan berlaga di musim balap 2010.

Pembalap

Robert Kubica dan Vitaly Petrov

Media sering menyebut Robert Kubica adalah pembalap terbaik di arena Formula 1, satu pernyataan yang bisa diperdebatkan lebih lanjut. Tetapi yang jelas dia adalah pembalap yang baik dengan kemampuan mengendarai sangat cepat.

Buktinya adalah posisi kedua di GP Brasil saat masih bersama BMW bagi pembalap asal Polandia.

Pembalap berusia 24 tahun ini tahun lalu agak sial karena harus mengendarai BMW Sauber yang tidak bisa bersaing dan tim ini kurang bisa memenuhi tuntutannya sehingga prestasinya pun tidak cemerlang.

Bersama Renault, kemungkinan besar Kubica bisa berkembang karena tim Perancis ini kehialngan Fernando Alonso dan membutuhkan pembalap baru yang bisa membawa gelar juara. Musim balap 2009 adalah masa bagi Renault untuk memperbaiki citra dan bagi Kubica untuk mengukuhkan potensinya sebagai juara di masa depan.

Pembalap Rusia Vitaly Petrov menjadi pembalap kedua bagi Renault. Ini adalah kali pertama bagi Petrov untuk membalap dengan kendaraan Formula 1.

Pembalap ini diberitakan membawa dana sponsor bernilai US$15 juta ke tim Renault dan merupakan juara kedua GP2 tahun lalu.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Sport's. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s