Profil tim F1 2010: Sauber

The new BMW Sauber C29

  • Pembalap: Kamui Kobayashi, Pedro de la Rosa
  • Mulai di F1: 2006
  • Mesin : Ferrari V8
  • Posisi 2009 : 6

BMW Sauber berlaga di musim balap 2009 dengan target memperebutkan gelar juara dunia namun ternyata berakhir dengan pengunduran diri tim ini dari arena Formula 1, karena alasan pendanaan.

Sejumlah pengamat mengatakan pengunduran diri pabrik mobil dari Formula 1, seperti Honda, Toyota dan BMW, dengan alasan finansial sebenarnya kurang masuk akal karena FIA memperkenalkan sejumlah peraturan baru yang membatasi penggunaan ban, bahan bakar dan juga mesin yang dipakai sehingga Formula 1 saat ini relatif lebih murah dibanding sebelumnya.

Dengan dana dari sponsor dan pembagian pemasukan dari pemegang hak komersial Formula satu, seharusnya tim Formula 1 bisa mandiri tanpa ada bantuan keuangan dari pabrik mobil yang berada di belakangnya.

Tim ini kemudian dibeli kembali oleh salah satu pendirinya, Peter Sauber, sehingga bisa berlaga kembali di musim balap 2010. Peter Sauber dikenal sebagai tokoh terkenal dalam F1 dan memiliki integritas tinggi serta sangat kompetitif.

Pembalap

Pedro de la Rosa dan Kamui Kobayashi

Kamui Kobayashi mendapat promosi saat masih di Toyota dari pembalap cadangan menjadi pembalap utama ketika menggantikan Timo Glock yang cedera di dua GP terakhir musim balap 2009.

Penampilannya di dua GP itu, Brasil dan Abu Dhabi, luar biasa dan memperlihatkan komitmen dan keberanian melakukan manuver-manuver berbahaya saat menyusul. Pembalap asal Jepang ini juga tidak terintimidasi dengan nama-nama besar, hal itu terlihat saat dia menyusul Jenson Button di Abu Dhabi.

Namun, harapannya untuk bisa berlaga di Formula 1 sebagai pembalap utama sempat kandas ketika Toyota memutuskan mundur dari cabang olahraga ini. Namun Peter Sauber memutuskan untuk memberi kesempatan pada pembalap ini setelah penampilan luar biasanya di Brasil dan Abu Dhabi.

Setelah empat tahun bekerja sebagai pengendara uji coba tim McLaren Pedro de la Rosa memutuskan kembali ke ajang Formula 1 untuk terakhir kali. Pembalap Spanyol ini terakhir kali berlaga di Formula satu pada tahun 2006 saat dia menggantikan Juan Pablo Montoya yang memutuskan untuk pindah ke arena Nascar di tengah musim balap.

Prestasinya cukup bagus dengan masuk garis finis di GP Hongaria yang dilanda hujan deras. Dia terakhir kali bergabung dengan Jaguar tahun 2002, sebelumnya dia bergabung dengan tim Arrows selama dua tahun pada tahun 1999.

Namun dengan pengalaman sebagai pengemudi uji coba McLaren selama tujuh tahun, De la Rosa memiliki pengalaman cukup di Formula 1 dan inilah yang diharapkan oleh Tim Sauber dengan memasangkannya bersama pembalap berbakat namun masih hijau.

Sumber: Liputan Khusus BBC Indonesia

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Sport's. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s