Perpanjang Umur Baterai Laptop, Cabut Baterai

hmm.. kadang-kadang bagi kita yang mengandalkan laptop sebagai komputer utama kita, tak jarang kita ‘menggeber’ (baca: memakai) laptop dalam waktu yang cukup lama, mungkin lebih dari 4 jam.. nah, terkadang durasi baterai yang hanya mampu bertahan kurang lebih 2-3 jam pada laptop normal, memaksa kita untuk mememasang adaptor laptop..

Nah, saat kita memasang adaptor ketika batre hampir habis maka baterai akan discharge dan recharge… ngisi dan dipake sekaligus.. nah menurut beberapa peneliti tindakan ini mengurangi umur baterai sendiri.. ya, memang baterai memiliki siklus hidup optimal tergantung jenis batre sendiri, yg jelas setelah melewati umur optimal maka daya tampung batre akan turun drastis, jadi terkesan boros gitu….

Jadi… kalo pas mo make laptop dalam waktu yang lama, lebih dari durasi batre, mending dicopot aja batre’a.. kita pake adaptor.. keuntungannya, memperpanjang umur batre sendiri, namun kerugian’a klo tiba2 mati lampu (listrik).. deph.. haha.. udah pasti langsung padam deh.

Batre Li-ION

haha.. nih aku kasih artikel yang diambil dari obengware:

Teknik ini berlaku untuk baterai Li-ion dan Ni-MH
Dari laboratorium Lawrence Berkely memberikan saran agar baterai perangkat gadget memiliki umur lebih panjang.
Tekniknya sederhana, cabut adaptor dari perangkat gadget.
Kapan penguna gadget seperti notebook sebaiknya mencabut baterai. Ketika baterai sudah penuh, sebaiknya lepaskan adaptor untuk mengisi baterai. Baterai akan berterima kasih untuk langkah kecil teresbut.

Alasannya mudah, memakai baterai (dis-charger) atau mengisi baterai (re-charge) akan memperpendek umur baterai.  Kedua perlakuan tersebut akan menghabiskan umur baterai menjadi lebih singkat. Bila satu langkah saja dapat dijaga, maka umur baterai akan lebih lama.

Panas juga menganggu kemampuan baterai. Menghadapi temperature terlalu panas akan memperburuk daya tahan baterai itu sendiri. Disarankan tidak melewati batasi 15 derajat dari suhu ruang. Tidak heran bila di negara tropis, baterai memiliki daya tahan lebih rendah. Apakah suhu panas membuat masalah, ternyata suhu terlalu dingin membuat masalah lain bagi baterai Li-ion.

Teknik jitu, bila baterai tidak perlu digunakan. Sebaiknya dikeluarkan dari peralatan gadget seperti notebook, lalu gunakan power langsung dari adaptor untuk perangkat elektronik

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience, IT and Computer's and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s