Review F1 2010: GP Bahrain, Ferrari membuka kemenangan

yap.. tadi malam adalah seri perdana F1 di tahun 2010. Seri perdana kali ini dilangsungkan di GP Bahrain, Minggu (14/3). Sebagai seri pembuka awal tahun tentunya banyak pertanyaan mengenai bagaimana para performa pembalap yang baru dan tim yang baru? Serta jagoan-jagoan dari F1 tahun lalu yang beberapa diantaranya pindah ke tim lain, adanya regulasi no refueling serta pertanyaan bagaimana performa kampiun juara dunia F1 Michael Schumacher yang comeback ke dunia F1..

Fernando Alonso saat di Podium

Walaupun GP yang berlangsung tadi malam berlangsung tidak begitu seru, karena minimnya overtaking yang dilakukan oleh para pembalap. namun setidaknya, rasa penasaran setelah 5 bulan tidak menonton dan mendengar raungan jet darat F1 pun terjawab.

Regulasi yang melarang pengisian bahan bakar membuat mobil F1 2010 berisi layaknya bom cair karena pada saat start mobil terisi penuh bahan bakar sekitar 240 liter, nah mungkin inilah yang membuat overtaking minim pada awal-awal lap karena bobot yang berat, pembalap lebih berhati-hati dengan tidak melakukan late-braking saat masuk tikungan karena 70% beban mobil pindah ke roda depan saat pengereman yang sudah cukup membuat kesulitan.

Pit.. ya itulah saat yang cukup menarik, karena kini saat masuk pit tidak perlu mengisi bahan bakar, maka durasi pit kini sangat singkat. Yang dulu’a menghabiskan 6-9 detik, kini hanya memakan 4-5 detik..

Selepas start hingga pertengahan lomba Sebastian Vettel memimpin, namun akibat bermasalah dengan exhaust’a setelah lap 34 Alonso, Massa dan Hamilton yang dibelakangnya berhasil menyusul Vettel..

Hasil balapan:

1. Alonso

2. Massa

3. Hamilton

4. Vettel

5. Rosberg

6. Shumacher

Kayaknya pak dhe Schumy belum bisa menampakkan performa’a, mungkin GP Bahrain menjadi pemanasan bagi dia.

Untuk tim pendatang baru hanya Lotus yang bisa finish, Pembalap Tim Lotus yang didukung pemerintah Malaysia Jarno Trulli dan Heikki Kovalainen, berhasil finis. Trulli menempati posisi ke-17 dari 17 pebalap yang finish. Sedangkan tim baru lain seperti Virgin dan HRT gagal finish..

Intinya GP Bahrain sebagai pembuka menjadi unjuk gigi Ferarri akan kekalahan’a pada musim 2009, kita tahu musim lalu Ferrari tuh benar-benar kepayahan. Tapi sekarang dengan paket mobil yang lebih mumpuni terbukti Alonso dan Massa berhasil merebut juara 1-2 seri pembuka.

Dan biasanya pemenang pada GP seri pertamalah yang akan menjadi juara dunia.. hmm. kita lihat saja seri selanjutnya 2 minggu lagi di GP Australia.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Automotif..., Sport's and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s