Driving School Experience (Part 1)

Sekolah mengemudi? Hmm.. ya kita lebih sering mendengar istilah tersebut dengan kursus mengemudi. Tentunya disini mengemudi mobil.. Ok disini ku pengen cerita tentang bagaimana dulu ku belajar nyetir mobil, ni pengalaman udah lama pas ku jaman sma dulu.. ya mungkin aja nih bias jadi tips bagi kalian yang pengen belajar nyetir mobil..

selain bus, juga ada kursus mengemudi

Waktu itu ku ambil kursus mengemudi di EFISIENSI.. eh, bukan’a tuh bis? Yap, bner banget emang tu PO bis jurusan Jogja-Cilacap, Jogja-Purwokerto dan pariwisata, tapi selain itu mereka juga buka kursus mengemudi.

Singkat’a aja setelah urusan daftar,biaya dan jadwal udah kelar.

Ada 7 pertemuan  dan tiap pertemuan adalah 2 jam latihan.

Pertemuan Hari Pertama:

Karna aku ambil jadwal sore jam 3, maka jam 14:30 aku brangkat dari rumah, hehe. Ternyata datangx terlalu awal jadi sempet nunggu 15 menit diruang tunggu..hmm

Jam 3 kurang dikit, sebuah avanza warna gold ternyata sudah bersiap2 ditempat parkir latihan, seorang instruktur menyuruhku untuk segera masuk, kedalam mobil.. yg jelas awalnya duduk dikursi penumpang bagian depan, yaa ee lah.. masa langsung suruh nyupir..

Aku mulai mengamati mobil ketika masuk, hmm.. karna aku sering baca majalah autobild milik masQ, jadi aku tahu sedikit.banyak tentang mobil. Ya, mobil latihan ini adalah Avanza 1.3 G, aku memperkirakan Avanza ini produksi tahun 2004 ato 2005, karena blum ada emblem VVT-i pada mobil ini, perlu diketahui pada Avanza versi facelift/penyegaran pada tahun 2006 sudah ditanamkan VVT-i pada mesinnya.

Aku mengamati kembali interior mobil ketika masuk, setelah kenalan dan sedikit basa-basi dengan instrukturnya.. eits ada yang menarik perhatian-ku, pada bagian dasar dashboard bagian kiri bawah ternyata, terdapat 2 pedal tambahan.. hah? Awalnya aku aga aneh.. eh koq ada pedal tambahan ya.. aku baru ngeh.. ketika memperhatikan ternyata pedal itu ikut bergerak ketika pedal kopling dan rem yang asli ditekan, maka pedal tambahan pun ikut gerak..

Ouw.. ternyata ini pedal kopling dan rem yang diparalel, ke sebelah kiri, yang gunax untuk membantu pengemudi yang baru belajar,, mksudx ketika pengemudi yang belajar tiba-tiba gugup atau sedikit berbahaya, maka instruktur bisa segera mengambil tindakan dengan menginjak rem ato membantu memainkan pedal kopling.. (to be continue to Part 2)

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s