Driving School Experience (Part 2)

Pada Pertemuan pertama ini, dari jalan Gatot Subroto dibawa ke Perintis Kemerdekaan dan kemudian masuk ke jalan Dr Setia Budi, ni jalan yang menuju RS Pertamina Cilacap, jalan 2 arah yg cukup lebar yaitu 4 lajur tanpa pembatas jalan, namun jalanya agak bumpy alias ga rata, tapi karena jalan ni relatif agak panjang, dan agak sepi maka mungkin jalan ini yang dipilih untuk awalan latihan.

Baiklah, disini aku diterangkan mengenai teori penjelasan mengemudi dari sang instruktur. Mulai dari perkenalan instrument mobil dan cara menggunakannya, dan teknik berkendara Start, awalan, oper gigi, berhenti dan belok.

dari kiri: kopling, rem dan gas

Pada mobil bertransmisi manual, Urutan pedal dari sebelah kiri adalah pedal kopling, lalu ditengah ada pedal rem, dan yang paling kanan adalah pedal gas.

Pedal kopling harus selalu diinjak oleh kaki kiri, sedangkan pedal rem dan gas diinjak oleh kaki kanan secara bergantian sesuai situasi dan kebutuhan.

Kenapa pedal kaki kiri hanya boleh untuk menginjak pedal kopling, tidak boleh untuk menginjak rem??

Sebenarnya hal ini dikarenakan kaki kiri telah terbiasa menginjak kopling dengan dorongan kaki yang cukup kuat untuk menekan pedal kopling penuh atau setengah kopling,apa lagi bila pedal koplingnya berat..

sedangkan untuk menginjak pedal rem kita harus lembut atau cenderung sedikit nginjakx, jadi.. bisa berbahaya bila kita menggunakan kaki kiri untuk menginjak pedal rem, tenaga dorong yang tebiasa menekan kuat akan membuat kita menekan pedal rem dengan kuat bila kita make kaki kiri untuk nginjek pedal rem..

Tongkat Persneling, aku disuruh nyoba untuk merasakan memindah gigi dalam keadaan mobil mati, dari nol, injak kopling penuh, masuk 1, angkat kopling.. lalu jika ingin masuk gigi 2, injak kopling penuh, masukin ke 2, angkat kopling, begitu juga untuk gigi 3, 4, 5 dan R.

Kmudian aku disruh pindah ke kursi supir, tukeran.. yap, aku pun pindah, untuk latihan awal, aku disuruh nyetabilin putaran mesin, aku putar kunci kontak, dan menyalakan mesin, dalam posisi gigi nol aku injak gas perlahan untuk coba latihan nyetabilin putaran mesin, kuncinya injak gas lembut dan stabil, ternyata awalnya cukup susah, pedal gas yang cukup sensitive, dan kaki yang blum terbiasa dalam nginjak pedal gas membuat putaran mesin naik turun, ditachometer terlihat blum bisa stabil.. hehe

Setelah 10 menitan akhirnya kakiku mulai terbiasa dan bisa menjaga putaran mesin. (to be continue…)

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Automotif..., Daily Experience. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s