nge.pit Cilacap-Jogja.Jogja-Cilacap

Kali ini aku mau cerita tentang pengalaman berkendara motor dari Cilacap-Jogja dan Jogja Cilacap,pengalaman ini ketika aku akan mulai kuliah sehingga terpaksa beberapa kali harus bolak-balik .hehe..

Biasanya kalo melakukan perjalanan baik dari Cilacap menuju Jogja atau sebaliknya, sejak kecil aku lebih sering naik mobil pribadi atau naik bus umum, travel juga pernah seh. Karena orangtuaku asli jogja dan kakek.nenek dan banyak saudara berada di Jogja, sudah menjadi kebiasaan sejak aku kecil, setiap liburan baik liburan sekolah atau liburan yang disengaja (alias mbolos skolah haha..) aku bersama keluarga atau aku sendiri pergi ke jogja untuk liburan..
Mobil pribadi inilah yang paling sering, dari jaman aku massih TK, sampe mau kuliah, transportasi ini yang sering kunaiki, mulai dari pas masih kecil yang suka tidur terus selama diperjalanan, tau-tau nyampe tujuan hehe.. sampe skarang jadi supir untk gantiin bapakku kalo capek bawa mobil
Lalu bagaimana kalo naik motor??
Haha.. ini dy yang mo ta critain..

Kalo di total udah 3x aku bolak-balik naik motor dari clp-jgj, lalu jgj-clp dan terakhir clp-jgj.. Itu terjadi dalam rentang waktu sekitar 2 bulan pas mulai persiapan SNMPTN bulan Juni sampe abis ketrima SNMPTN.. awal Agustus.. kalo mbonceng naik motor dari Jogja-Cilacap aku udah pernah, dulu aku mbonceng sama masQ.. trus gimana kalo sendirian??
Pas bulan Juni aku ikut bimbel SNMPTN di Jogja, daripada tiap bimbel diantar jemput ato naik bus kota, aku mikir mending motor yg masih dicilacap ta bawa ke jogja, tapi ntar.. kalo pas pulang cilacap ga ada motor? Ya bawa balik lagi motorx, pikirku.. sbenerx dijogja juga ada motor, motorx masQ, tapi aku aga ga cocok, soalx ga bgitu siph, maklum udah 44ribu km.. hihi piss..
three.. kamu apal jalanx ga??ntar malah nyasar.. itu pertanyaan salah seorang tmenku.. aku jawab dengan entengx.. aku dari kecil udah berkali-kali cilacap jogja PP, masa ga apal jalan, jalanx juga gitu-gitu aja, ga berubah.. (padahal ya pas masih kecil, sukax kalo pas perjalanan, dimobil aku tidur di kursi belakang.. haha..) Ga perlu pake peta, ga perlu pake GPS (terlalu canggih)… yang gampang2 aja.. buntut.in aja bis EFISIENSI yang ke arah Jogja.. wakakakak..
Senin, 15 Juni 2009 05:30 Odometer: 15989.9 KM

Pagi-pagi aku berangkat dari Cilacap.. 05:30 aku mengeluarkan motor, warming up dan bersiap2… Jam 6 tepat, aku mulai meluncur dari rumah. Padahal ya udah pake kaos dobel, ditambah jaket gunung yang tebel, tapi tetep aja kerasa kedinginan.. aku pake helm Full.Face, dengan motor HSX 125R, oia.. aku belum kenalin motorku.. hehe.. si Fireblade.. aku kasih nama itu karena striping warna black.red.x mirip dengan CBR Fireblade 1000RR.. hoho.. ni motor keluaran 2006… hadiah pas aku masuk SMA.. hehe.. makasih buat bapak-ibu atas motor ini.. kilo meterx baru tembus 15000 ditahun ke3.., termasuk masih dikit karena, jarang Cuma dipake harian, sekolah + main yang jarakx relatif deket.. 15989.9 KM odometer menunjukkan angka segitu, saat aku berangkat.. aku sempat mencatat di hape, sblum berangkat..
Jalanan pagi, jam 6an masih cukup sepi walopun mulai ada anak-anak sekolah yang akan berangkat sekolah. Harus waspada neh.. Karna ini baru yang pertama, aku cukup nyante, tidak begitu ngotot dalam putar gas.. selain itu jalan yang bumpy..(baca: rusak) di bahu kiri jalan.. membuat aku sering ambil bagian tengah. Asal jalan aman, tancap terus deh..
Cilacap-Sampang-Buntu-Sumpiuh-Gombong-Karanganyar… aku lewati dengan relative lancar, suhu udara pagi yang masih dingin, ada kabut tipis ditambah sinar mentari yang mulai menyelimuti membuat awal perjalanan cukup mengasyikkan..

Senin, 15 Juni 2009 Jam 07:10 Odometer: 16053.6 KM

Aku mulai memasukki karanganyar, setelah melewati rel kereta api, aku mengarahkan motor ke sebuah rumah makan yang menjadi tempat langganan. Rumah Makan Lestari, ya ini biasa menjadi tempat singgah, istirahat dan makan bila naik mobil pribadi. Karena dari rumah aku belum sarapan, jadi aku putuskan untuk sarapan dulu.. aku sempat bingung, karena sekilas memang tidak ada slot parkir untuk motor.. hmm.. ya memang kebanyakan yang berhenti adalah mobil pribadi, travel dan bus-bus malam, yang masing-masing ada tempat parkirnya sendiri-sendiri.. pas aku mo taruh motor ditempat slot parkir mobil, ternyata malah dikomentari tukang parkir disitu.. jangan distu mas parkirx.. woo, piye ta? Ya udah aku taruh aja motorku didpan wartel n toko didekat situ..
Oke aku sarapan.. haha.. aku kasih pict menu yang aku makan hehe..

sarapan dulu di RM Lestari, Karanganyar, Kebumen

Setelah slesai makan n istiraht bentar.. skitar 20 menit, aku melanjutkan perjalanan..
Jalanan memang agak padat, namun motor masih bisa berlari sampai 80 Km/h.. yap, aku mendekati cabang jalan di kebumen.. hmm, lewat ring.road kebumen ato lewat kota.x ya..?? aku mikir kalo lewat kota, jalanx lebih ramai, jadi aku milih lewat ring.road kebumen, walopun bakal ketemu bis dan truk. Hoho..
Odometer: 16064.0 KM  2,15 liter

Di ringroad kebumen aku sempet isi bensin..
Kebumen-Kutowinangun-Prembun-Kutoarjo-Purworejo berjalan dengan lancar..
Ada yang aku kritik dengan kondisi jalan di jalanan Jawa Tengah.. kenapa jalanx tidak begitu mulus, cenderung bergelombang dan rusak, terasa bila kita mulai masuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dimana aspal jalanx mulus..
Memasuki Jogja, masih lancar, namun setelah lewat wates, terasa arus kendaraan lebih padat dan semakin padat ketika masuk Sedayu-Gamping dan terakhir RingRoad tuk menuju rumah.. hehe

Pukul 10:15 Odometer: 16182.5 KM  Total:192KM
Hore nyampe rumah.. haha.. badan ini terasa capek..dan pegel, tapi terbalas dengan pengalaman baru nge-pit dari Cilacap ke Jogja.. hehe
Nge-pit yang pertama kali ini aku finish (finish?? Ciee elah..) dengan durasi sekitar 4 jam lebih 15 menit, dikurangi istirahat selama 20 menit berarti aku menempuh kurang dari 4 jam..
Nge-pit yang kedua saat aku dari Jogja ke Cilacap tanggal 4 Juli 2009. Tanggal 1-2 Juli 2009 aku tes SNMPTN lalu pada hari Sabtu, 4 Juli 2009 aku pulang ke Cilacap..
Ini rekor tercepat yang aku bukukan Berangkat dari Jogja jam sekitar jam 6.. dan aku sampai di Cilacap jam 09:15, wuih. edyann. 3 jam dengan naik motor,, aku sempat berhenti di pom bensin di Kebumen untuk istirahat minum dan meluruskan kaki yang pegel dan mendinginkan pantat yang panas haha..

istirahat di SPBU

Pengalaman yang 3 jam ini benar2 seru, dan mengasyikkan. Karna relatif sering full.throttle, jarum spedometer pun menembus 100Km/h, dengan top speed menyentuh 115 KM/h.

Pengalaman yang lucu saat dari rumah keluar Jogja, ga tau kenapa, di kaca helm.ku nempel banyak nyamuk. Haha.. mungkin gara2 masih pagi, aku banyak nabrak nyamuk, jadi pada nempel di kaca helm, sampe2 aku berhenti tuk mbersihin kaca helm dengan kain kanebo.. hehe
Sempet juga kejar-kejaran dengan HSX 125R dari Sedayu, yang akhirnya dia menghilang pas kluar Wates.. hoho.. musuh lain antara lain Jupiter MX, dan Nissan Serenna.. wah, klo mobil Nissan tu emang sempet kejar2an dari mau masuk ringroad Kebumen. Lalu ada yang agak kaget pas di daerah Sumpiuh ada cewek yang bawa Satria FU, hehe pake helm full.face juga, rambut panjang diikat, kayakx seh cakep tuh.. hehe,

Yang bikin aga ngeri kalo ada bis yang ngambil jalur kita.. waaaa.. dulu aku hampir disamber sama bis Maratama (klo ga salah liat),, aku lagi kenceng 80 Km/h, bis itu dari arah berlawanan mo mendahului mobil didepannya, namun dia terlalu ke kanan shingga jalurku diambil habis..

buset.. langsung aku rem kuat, dan aku mlipir ke pinggir bahu jalan, untung sempet ngerem baru masuk ke bagian kerikil pinggir jalan.. kalo 80 masuk bahu jalan yang berkerikil, ngerem mesti aja gubrakk.. wew menyebalkan supir bis kayak gitu..

Kalo pas perjalanan ini yang bikin cepat adalah jalanan dari Jogja-Kebumen yang relatif agak lengang, karena mungkin gara2 hari sabtu pagi.., jadi motor bisa digeber maksimal.. namun setelah masuk Gombong lumayan padat, jalanan agak lengang lagi mulai Sumpiuh sampe Sampang, namun ketika menjelang masuk kota Cilacap padat lagi..

Ya.. kesimpulanya.. naik motor keluar kota tu enak juga.. walopun kalo aku bandingin nyupir mobil 4 jam sama naik motor 4 jam, fisik lebih cape naik motor.. kalo nyetir mobil, ga begitu pegel(sekarang kopling kan udah enteng + power steering.. hehe) yah gitu deh.. menurutku sama2 asyik intix..

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience. Bookmark the permalink.

One Response to nge.pit Cilacap-Jogja.Jogja-Cilacap

  1. wahaha
    makasi mas uda nulis pengalamannya😀
    lagi butuh referensi soalnya
    ada sodara yg mau ke cilacap naek motor ;D

Leave a Reply

