Port Analog Laptop, Kabel atau LCD Projector yang salah??

Presentasi, dan diskusi.. itulah hal yang sering dilakukan ketika perkuliahan..hehe.. ya memang hal itu yang kerap dilaksanakan dihampir setiap mata kuliah.

Bila kita bicara tentang presentasi maka kita akan berpikir presentasi dengan power point, lalu bila kita berbicara power point maka akan berhubungan dengan slide yang berisi materi yang akan disampaikann , kemudian slide tersebut akan ditampilkan melalui lcd.projector yang dihubungkan ke laptop atau komputer.  Namun, bagaimana bila slide yang ingin kita tampilkan tidak muncul alias projector mogok kerja??

Yaahh.. mesti aja kita kecewa, wew! udah bikin slide powerpoint bagus2.. ee malah gag bisa ditampilkan.. belum lagi kita juga dapat masalah dalam menyampaikan materi kepada audiens, karena slide merupakan salah satu media untuk membantu kita saat kita presentasi karena bisa menarik perhatian audiens dan bisa menerangkan apa yang tidak bisa kita samapaikan secara lisan..

Aku sendiri pernah bermasalah beberapa kali saat ingin menampilkan slide ketika presentasi dikelas. Pada mata kuliah Bisnis Pengantar, aku dan kelompokku kbagian materi tentang Produk dan Harga,, waktu itu sllide power.point yang akan ditampilkan sudah siap,laptop ada dan lcd.projector pun sudah ada, namun ternyata… waktu tu listrik mati..!! assemm tenan..

Kalo kasus yang pertama itu ya bisa agak dimaklumin karena pas mati listrik,(padahal sakjane aku yo mangkel..) yo wez lah ra po2..

tapi bagaimana bila masalah yang terjadi seperti ini:

Slide power point siap, laptop siap, lcd.projector siap, listrik pun ada, namun ketika semua sudah dinyalakan, kabel dari projector sudah dipasang ke laptop, tapi tampilan yang ditampilkan oleh lcd.projector adalah 2 kata yang tidak diharapkan.. NO SIGNAL..

Waaaa… ketika semua alat sudah ada, dosen dan audiens pun telah ada. Saat presentasi mo dimulai, malah NO SIGNAL yang ditampilkan pada layar..

Panik pun muncul, bagaimana ini, acara bongkar pasang kabel pun dilakukan, restart windows dan lcd.projector pun dijalani.. acara detecting ulang pun dijalani..bahkan pergantian pemain..pembalap, eh laptop dilakukan.. hehe

Namun apa daya, ternyata lcd.projector tetep ngeyel.. dengan menampilkan NO SIGNAL.. wakakak

Woooo..

Sebenarx apa seh yg bikin lcd.projector ga mo nampilin..

Analisa 1: Windows yang tidak kompatibel dgn lcd.projector

Saat kabel vga analog dr lcd.projector dicolokkan ke port vga analog yg ada dilaptop ato komputer, seharusx windows akan mendeteksi sebuah device baru yang langsung diinstal driver’a oleh driver standar bawaan yang dimiliki windows. Karena lcd.projector termasuk device yang termasuk device Plug and Play(tancap dan jalan), maka seharusnya begitu dicolokin yo langsung bisa digunakan..

Kalo gag bisa kayak gini sih jadinya Plug and Pray (tancap dan berdoa,agar bisa kebaca windows)wekekeke…

Dan seharusnya Windows XP pun sudah bisa langsung connect pada lcd.projector tanpa harus restart, karena dukungan hardware Windows XP sudah lebih dari cukup, kecuali jika laptopx masih make Windows 95 ato 98,, wah.. masa hari gini masi pake windows jadul..

Apalagi pada Windows Vista dan Windows 7 yang tergolong windows keluaran anyar, seharusnya langsung bisa membaca.. Anehnya pada kasus yang aku alami walau dicoba dengan 3 laptop dengan Operating System yang bebeda tetep aja lcd.projector kekeh bilang NO SIGNAL.. wew!!

Analisa 2: Kabel yg terlalu panjang

Karena letak lcd.projector yang telah berada menggantung dari atap kelas, maka kabel pun mengikuti kontur atap kemudian kedidinding.. barulah ada sebuah port utk colokan kabel ke port vga analog dilaptop. Masa iya seh, Cuma gara2 kabel yg terlalu panjang, apa gara2 jalur yg terlalu panjang membuat sinyal yang ditransmisikan kecapean jadi ga nyampe ke lcd.projector,haha.. penurunan kualitas sinyal video mungkin bisa tapi klo sama sekali blank dan dianggap NO SIGNAL sepertinya tidak, karena diruangan lain yang kabelnya juga panjang pun bisa, walaupun kadang ada yang tidak bisa..

Analisa 3: LCD.projectorx yang rusak (mungkin)

Haha ini seh vonis mati buat sang eksekutor penampil gambar.. tapi lha wong, ketika remote diarahkan dan tombol power ditekan aja langsung bisa nyala, loading sebentar lalu mulai mendeteksi koneksi mulai dari S-Video, DVI, analog tapi hasil pencariannya adalah NO SIGNAL… aaarghh…

Lalu siapa yang salah ya?? Haduh.. sampai tulisan ini dibuat aku belum bisa menumukan mengapa bisa terjadi, dan bagaimana solusinya.. mungkin faktor kompatibiltas antar perangkat adalah salah satunya. Jadi walopun udah tuker laptop yang bebbeda sampe 3x, lepas colok konektor ato restart laptop dan lcd.projector.. belum tentu bisa menyelesaikan masalah..

Tanya Kenapa??

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience. Bookmark the permalink.

3 Responses to Port Analog Laptop, Kabel atau LCD Projector yang salah??

  1. echi says:

    kalo aq pnya mslah gini…. LCD projector tidak masalah kalo laptop temen2 saya yang di pakai, tapi begitu pakai laptop saya, projectornya tidak mau tampil, padahal sebelumnya laptop saya bisa di pakai LCD, tp skarang ga lg, kira2 knapa ya laptop saya??? mohon bantuannya…

    • vincenthree says:

      iya, saya n tmen saya juga pernah kaya gitu, hmm.. mgkn msalah compatible ya? Anda pake windows apa? klo windows vista n seven harusX lgsg bs kbaca n connect lwat port vga itu..

  2. dd says:

    coba resolusi vga nya diturunkan menjadi 1024 x 768 , saya pernah alamai hal yang sama tapi ketika saya turunkan resolusi di laptop saya ternyata bisa. kalau masih tetap tdk bisa mungkin kabel dari LCD ke laptop mungkinada yang putus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s