Driving School Experience (Part 3)

kenali karakter mobil dan jangan sekalipun panik...

OK! Lets we started:

Menghidupkan mobil dari berhenti, dalam keadaan di gigi nol

  1. Pasang sabuk pengaman, ingat! selalu pakai sabuk pengaman walaupun hanya mengeluarkan mobil dalam garasi atau menjalankan dalam jarak yang dekat.. Safety first..
  2. Hidupkan AC (klo misalnya mau pake AC, biasakan menyalakan AC ketika awalan jalan dan pada putaran mesin rendah, karena pada artikel di otomotifnet.com,pernah dibahas, kebiasaan menyalakan AC secara tiba-tiba ketika berjalan dalam putaran mesin tinggi bisa membuat komponen AC mengalami kerusakan, karena AC mengambil beban mesin, akan lebih baik bila dinyalakan pada saat mesin berputar pada putaran rendah…
  3. Turunkan Rem Tangan Jangan sampai lupa untuk menurunkan tuas rem tangan, dan perhatikan hingga indicator lampu rem tangan telah mati, bila masih menyala, berarti tuas rem tangan belum sepenuhnya diturunkan.. Beberapa waktu lalu sempat ada Honda Jazz yang terbakar, gara2 tuas rem tangan lupa diturunkan dan karna tidak tahu ketika dijalan mobilnya mengeluarkan asap..
  4. Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1
  5. Angkat kopling pelan2 Ketika mengangkat kopling haruslah lembut dan perlahan, rasakan mobil aga bergetar,, karna bila diangkat secara cepat ato mendadak mesin akan mati..
  6. pas angkat kopling perlahan, sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak

Ganti gigi pada saat mobil berjalan (dalam keadaan kaki kanan masih menginjak pedal gas)

  1. Injak kopling habis
  2. Angkat gas
  3. Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki
  4. Angkat kopling pelan2
  5. Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya
  6. Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengangkat gas saja

pindah gigi,, sesuaikan dengan putaran mesin dan kecepatan...

Menambah/mengurangi gigi

  1. Injak kopling habis
  2. Angkat gas
  3. Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki
  4. Tempel gas
  5. Angkat kaki dari kopling pelan2
  6. injek gas lagi, sesuaikan dengan keadaan

itu seh teorix.. ga aku tulis semuax,, masih ada teknik ngerem, jalan dalam kemacetan, berhenti dan start ditanjakan.. dalam praktek.. emang awalx aga susah karena belum terbiasa, tapi kalo udah dapet feel.x (wezz..) asik dah.. yang penting kita harus kenal sama karakter mobil.. sebrapa sensitif pedal gas dan rem, seberapa berat dan jauh harus menginjak pedal kopling, karakter setir.. sudut putaran harus kita biasaain.. karena ada yang bilang (siapa ya..) Tak kenal, maka Tak Sayang.. hehe

injak dengan smooth, sesuai karakter mobil...

kalo menurut aku seh, pada mobil transmisi manual, pintar2 main kopling, misal kalo mo start dari berhenti, atau merayap dalam kemacetan, maka kehalusan kita (waduh, kata apa yg lebih tepat? hehe) dalam nginjek gas, dibarengi mengangkat kopling mutlak diperlukan, kalo kita kasar/terlalu cepat angkat kopling sedang gas belum masuk.. pasti mesin mati,, sebaliknya jika gas masuk duluan pas kopling masih dinjek, mesin pasti meraung tapi gak jalan..

pengalaman pas belajar, seh.. yang agak susah tuh, berhenti dan start ditanjakan, kalo blum kenal sama karakter mobil mesti gampang mati, soalx kita harus nahan setengah kopling, gas masuk hingga mobil aga bergetar mau jalan, namun jangan sampe mesin mati, ..

kalo U-Turn yang diperhatikan jelas, situasi lalu lintas, perhatiin juga putaran setir, juga pas kita counter/balikin setir jangan mpe telat/kebanyakan.. karena bisa bahaya..

Braking:

Mobil sedang melaju cepat tiba2 mobil didepan jalan merayap

  1. Injak rem perlahan
  2. Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
  3. Angkat kopling sekuku biarkan mobil maju merayap
  4. jika mobil di depannya berhenti tinggal menginjak kopling lalu angkat sedikit kombinasikan dengan menginjak gas sampai mobil terasa berhenti perlahan, atau injak kopling dan tempel rem

Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan pelan

  1. Injak kopling habis
  2. Tempelkan kaki di rem, rasakan sampai mobil terasa berhenti secara perlahan2 (jangan menginjak rem terlalu cepat)

Hard-Braking, bisa bikin ban terkunci, sulit dikendalikan dan jarak pengereman jadi lebih jauh..

oia, pelajari karakter kekuatan pedal rem, karen bisa aja kalo gag biasa, kita nginjek terlalu kuat hingga hard.braking yang bisa menyebabkan berbagai hal, seperti ban mobil terkunci (ni kalo mobil yang blum dilengkapi teknologi ABS (Anti-lock Braking system),jarak pengereman lebih jauh karena ban terkunci dan ga bisa dikendalikan, hard braking jiga bikin ban cepat aus, dan bisa2 diseruduk dari blakang karena kita berhenti dengan mendadak..

selalu perhatikan lampu indikator yang menyala...

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Automotif..., Daily Experience. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s