Imsonia.. Oh.. Imsonia…

akhir2 ne.. aku susah tidur.. haduh,, kadang jam dah lewat jam12 malam, aku masih melek, ketap.ketip,klisikan, mbingungi gag bisa tidur. dah aku coba pindah posisi, mbolak-mbalik, pake bantal, ga pake bantal, juga tutupan bantal. haha.. tapi tetep aja susah untuk tidur. jadi kali ne aku mo nulis, tentang Insomnia.. tulisan ne aku ambil dari bbrapa sumber seperti Wikipedia Indonesia, tempointeraktif dan Kompas Female…

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur  berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan.

ada tiga jenis gangguan insomnia, yakni susah tidur (sleep onset insomnia), selalu terbangun pada tengah malam (sleep maintenance insomnia), dan selalu bangun jauh lebih cepat dari yang diinginkan (early awakening insomnia)

Tip Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

1. Melakukan olahraga teratur.
2. Mengurangi konsumsi kafein.
3. Memperhatikan waktu makan.
4. Makanlah makanan berkarbohidrat menjelang tidur.
5. Melakukan aktivitas yang membuat Anda nyaman untuk tidur.
6. Membiasakan diri bahwa tempat tidur hanya untuk aktivitas tidur.
7. Menjernihkan pikiran.
8. Sebaiknya tidur dan bangun dalam periode yang teratur.

Penyembuhan insomnia akan lebih efektif apabila penyebab insomnia diatasi terlebih dahulu.  Ada 12 aturan tidur yang sehat (menurut WHO):

  • Berbaring di tempat tidur ketika benar-benar ingin tidur. Tetapi usahakan pada waktu yang sama ketika akan pergi tidur… (Keinginan tuk tidur ada.. cuma ga bisa..hoho)
  • Jangan menggunakan ranjang untuk aktivitas lain selain untuk tidur. Aktivitas lain seperti membaca, nonton TV, makan, telepon. Kebiasaan menggunakan ranjang untuk aktivitas lain membuat kebiasaan untuk terjaga ketika berbaring di ranjang… (wah.. ne yang perlu diubah, hehe.. nonton tv sambil tidur)
  • Pasang alarm untuk bangun pada waktu yang sama. Tanpa memandang lama waku tidur malam. (hahaha.. alarm bunyi, aku bangun matiin, kadang tidur lagi..wkwkw😀
  • Usahakan untuk tidak tidur siang. (aku jarang tidur siang, kcuali lagi capek…)
  • Jangan minum alkohol beberapa jam sebelum tidur. Alkohol dapat membuat tidur gelisah. (wah.. jangan sampai kalo ini)
  • Jangan mengkonsumsi kafein atau obat mengandung kafein beberapa jam sebelum waktu tidur. Karena kafein sebagai stimulan, dapat meningkatkan denyut jantung sehingga tubuh dapat terjaga sepanjang malam. (kopi, kadang2 aku buat kopi pas bangun tidur.. hoho..anget2 dipagi hari, kopi alternatif teh anget manis. hehe)
  • Jangan merokok beberapa jam sebelum tidur. Rokok mengandung nikotin yang dapat meningkatkan semangat karena berefek sebagai neurostimulan.(yang ini tidak, saya tidak dan tidak akan merokok. Amin.🙂
  • Olahraga pada sore hari (6 jam sebelum tidur). Latihan peregangan otot atau jalan kaki secukupnya selama 20 menit. Hal ini akan meningkatkan metabolisme dan suhu badan, lalu akan menurun  sekitar 6 jam kemudian yang berefek pada tidur yang nyenyak. (mungkin bisa dicoba, klo ada waktu dan niat.. hehe)
  • Sediakan waktu transisi untuk tidur degan mengurangi tingkat aktivitas sebelum tidur, hilangkan rasa cemas akan pekerjaan yang belum selesai, hari esok dan pikiran lainnya. Melakukan akivitas dengan tenang dan santai. (santai,jangan tegang yang disarankan orang-orang disekitarku, .hmmm…)
  • Membersihkan diri sebelum tidur, memastikan pintu telah terkunci, dan menyesuaikan pencahayaan lampu, supaya merasa aman dan nyaman pada saat tidur. (yayaya…)
  • Memastikan tidak ada cahaya terang atau suara yang dapat mengganggu dan pastikan suhu ruang tidur nyaman.
  • Keadaan lapar atau setelah makan banyak dapat menghambat tidur. Bagaimanapun jika merasa lapar sebaiknya makan makanan kecil atau minum segelas susu hangat sangat tepat untuk mengatasi masalah ini…(nikus alias makan lagi ditengah malam…)

hehe.. akan aku coba deh..

minum susu coklat sebelum tidur. hahahahahaha…😀

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience, Healthy Life and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s