Sedikit Info Tentang Tambal ban

saat ban mobil kemaren bocor.. kempes pes, ketika ban yang bocor tadi dibawa ke tukang tambal ban (deket hotel jayakarta, jl solo),, aku baru tau kalo ban mobilX dah jenis tubeless, alias ga pake ban dalam.. nah.. klo ban yang pake ban dalam, yang ditambal kan ban dalamX. kalo ban tubeless yang ditambal tu bagian luar permukaan ban.

….

Haduh… kmaren waktu liat cara nambalX tu aku ga tega sama banX, jadi untuk ngeluarin paku atau penyebab bocorX itu pake semacam obeng runcing, bwat cungkil, korek paku tsb.. nah pas kmaren tu tnyata banX bocor bukan gara2 kena paku.. tapi kena pecahan kaca.. aga kaget juga aku… pecahan kaca bisa bikin ban mpe sobek, trus bocor.. haduh2… dengan metode tambal cacing, akhirX ban itu sembuh. hoho.. tapi aku jadi was-was, karena pada ban tubeless bila sudah pernah bocor, ketika ditambal maka akan merusak struktur ban, dan performaX akan berkurang, dan ada kemungkinan bocor lagi. wah..wah..wah..


Tube

ban dalam, dipanasi dan dipress

Khusus ban yang masih pakai ban dalam. Bila bocor, yang ditambal adalah karet ban dalam. Cara pertama adalah tambal ban yang menggunakan karet penyumbat khusus dan lem yang biasa disebut tambal tip-top. Lalu jenis kedua, dikenal dengan nama tambal bakar. Namun sebenarnya bukan dibakar, tapi hanya dipanasi. Metode pemanasnya juga ada 2 cara. Pertama pakai api sambil dipres dan ada juga yang pakai setrika.

Dengan begitu, karet penambal bisa menyatu dengan karet ban dalam yang ditambal. Metode ini yang hingga kini masih banyak peminatnya dan terbukti tahan lama.


Tubelles

tambal ban cacing,, 'cacing' digunakan untuk menyumbat...

Pada ban tubelles, yang ditambal adalah bagian luar ban. Pasalnya ban jenis ini memang enggak pakai ban dalam. Salah satunya pakai karet penambal seperti cacing yang disebut tambal cacing. Kelebihannya, biaya murah kisaran Rp 10 ribu per lubang. “Selain itu bisa untuk menambal lubang yang memanjang serta lubang yang ada di dinding ban,” aku pria yang sudah pengalaman buka bengkel sejak 5 tahun lalu ini.

Pengerjaanya dengan melebarkan lubang yang ada, lalu diberi lem. Selanjutnya karet penambal dipaksa masuk dengan alat seperti kait, sehingga saat alat itu dicabut, karet yang bentuknya menyerupai cacing akan tertinggal di lubang.

Namun langkah ini punya efek samping, kadang karet ban malah sobek tambah gede. Selain itu lapisan benang ban akan rusak yang berimbas pada daya tahan ban selanjutnya kurang bagus saat ada tekanan.

moga-moga ga bocor lagi…

terimakasih bwt smwa… 🙂

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Automotif..., Daily Experience and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s