Ngirit Konsumsi BBM

tgl 7 agustus aku  isi bensin 100rb Premium, diPrint-out dapet 22,22 liter… dan skrg tgl 22, dah tinggal 1/4.. hmm.. indikator awal pas abis isi tuh full.. oh borosX…

dari artikel yang dumat di majalah Autobild Indonesia, aku pengen kasi tahu.. beberapa cara atau tips untuk menghemat pemakaian BBM.. Konsumsi BBM suatu kendaraan berhubungan dengan perilaku mengemudi dan kondisi mobil tu sendiri. Mari kita lihat…

1. Jaga Putaran Mesin, jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi. ya ne ngaruh banget.. klo kita maen di RPM tinggi, otomatis, suplai bensin akan mengucur banyak. yang tepat adalah bermain di RPM sekitar torsi maksimum dicapai mesin itu.. umumX 2500-3500RPM…

2. Hindari injek gas ato rem secara mendadak. Akselerasi mendadak dapat membuat ECU memerintahkan untuk menyuplai bensin hingga maksimal, boros pastiX. Sedangkan mengerem secara berlebiha, akan bikin kita injek gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan semula. untuk itu,  Injak pedal gas dengan halus serta perhitungkan jarak pengereman yang memadai.

3. Cek tekanan angin dan keadaan ban. Kurangnya tekanan angin bisa menghambat laju mobil karena membebani mesin..selain tu juga bisa meningkatkan keausan ban yang tidak merata. Keselerasan ban, keausan bearing roda dan rem yang menyangkut dapat menambah konsumsi bbm 10%.

4.Rajin Servis… Saringan udara dan oli kotor, busi yang sudah aus, oli mesin lama tidak diganti, knalpot bocor dan masalah pada sistem kontrol emisi dap pasti bikin konsumsi bbm lebih boross. Lakukan servis berkala untuk mengurangi hambatan ini. Bagus lagi, klo servis sebelum mencapai jarak tempuh yang telah ditentukan. Baca aja buku petunjuk kendaraan, tiap berapa ribu servis berkala, dan bawa mobil ke bengkel langganan…

5. Kurangi, beban. Ga usah bawa yang ga perlu… Beban yang terlalu bikin kita injek pedal gas lebih dalam, so bensin jadi lebih boros…

6. Pemakaian AC… ne juga ngaruh, jadi gunakan seperluX.. ga usah mpe Full Cold, ckup asal sejuk saja..

7. Klo bisa hindari Kemacetan… untuk tu, rencanakan rute yang akan dilalui, klo dah tau daerah itu biasaX macet parah, hindari aja. Knp jadi boros? lha wong.. stop n Go, gtu.. dikit brenti, gas rem gas rem..blum lagi macet total mesin idle terlalu lama

8.Pake bensin yg oktanX sesuai rekomendasi pabrikan.. angka oktan bensin yg kita pake itu bisa diliat dari rasio kompresi mesin mobil kita… jadi klo dibuku manual, disarankan bensin tanpa timbal angka oktan 92, ya jangan pake Premium yg angka oktanX cuma 88.

9. Jangan Ngebut… jangan Stop n Go, maen gas rem injek gas atau rem secara lembut. Melaju pada kecepatan 100 km/jam menggunakan bbm sekitar 15% lebih banyak ketimbang melaju pada 80 km/jam

tu beberapa yang aku baca dari majalah2..

hmm.. selamat mencoba. hehe.. aku juga sedang mencoba..🙂

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Automotif..., Daily Experience. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s