Hati-Hati Buka Email

blum lama ne aku dapat sesuatu menarik… instinkq sbg pakar telematika tergelitik..

wkwkwk (kaya Roy Sukro..haha).. kita ikuti cerita ku ini…

beberapa hari yang lalu, pas aku buka GmailQ.. aku dpt email dr seorang tmenQ..

isiX sbuah undangan invitation untuk mnyetujui pertemanan (add friend request)… untuk alasan privasi, keamanan dan melindungi nama teman dan alamat emailX, aku kasi BLUR.. hoho

undangan pertemanan yang ‘mencurigakan’. . .

ya sedikit mencurigakan menurutQ..

karna aku tahu si pengirim (temanQ) tu gag tertarik dengan jejaring sosial, knapa tiba2 dia kirim aku invitation..

lalu aku perhatikan.. bagian kiri atas kotak, ada keterangan nama jejaring sosialX Life HealthClub…

aku coba klik itu.. di New Tab yang kebuka muncul….

tampilanX meragukan..masa disuruh jawab pertanyaan biar bisa menjadi teman??? aneh2 aja..


dan dibrowser Firefoxku muncul peringatan….

“Poor Reputation” berarti situs ini berbahaya/tidak dapat dipercaya…

aku makin penasaran..

dugaanQ.. temanQ yang mengirim friend invitation itu, dah jadi korban karena dia jg dapet email undangan invitation dari temanX, dan dia langsung klik isi email tsb…mungkin dia  klik Accept/setuju atau Reject/tidak setuju

kemudian..

aku coba googling dengan kata kunci livehealthclub.. dan aku menemukan jawabanX di suatu forum:

QUESTION: I’ve received several invitations from people who claim they did not initiate them inviting me to become their “friend” in the “Live Health Club”. I know several people who received the same with MY name, but I did nothing to trigger them.

ANSWER: Apparently, if you hit ‘Reject’ to refuse the invite, it triggers a script which sends the invitation to everyone in your address book. Hitting ‘reject’ is just as dangerous as hitting ‘accept’ — either one runs a script in the email.


woww.. aku sempet aga terkejut… maksud jahat yang CERDAS!!!!

ya karena,,

jika kita klik Reject Friend Request, maka artiX kita mengijinkan situs jahat itu untuk mengirimkan invitation Request ke  SEMUA daftar email teman2 yang kita punya…

sedangkan jika kita klik Accept Friend Request, maka kita akan mengaktifkan sbuah script/perintah jahat, bisa otomatis download virus, trojan, worm ato program jahat ke komputer kita…


hoho.. cerdas juga..

pantes aja klo kita klik Accept ato Reject sama2 merugikan…

kesimpulanQ, klo temanQ itu… sebenarX dapet invitation juga dari seseorang, pas dia buka, karena dia ga tertarik… maka dia klik Reject Friend Request.. efekX semua alamat email teman2 yang ada akan dikirim undangan juga.. Bisa dibilang berantai gtu…

Jadi AMANnya abaikan saja kalo dapet email yang ga jelas dari teman kita, jangan langsung di.klik.. konfirmasi lwat sms ke teman kita dulu lebih baik…

sekian.. yang bisa aku jelaskan…thanks🙂

hati-hati klo buka email…

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience, IT and Computer's. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s