Tulisan Spesial Mudik 2010 Part II : Pengemudi. . .

Lho? Langsung ke pengemudi?? Yo ga papa lah.. aku nulis tulisan ne aga loncat-loncat hoho…

Mari kita lihat..

Kalo ditanya, disetiap kendaraan siapa yang paling capek, yang paling btanggung jawab dgn keselamatan penumpang, paling konsentrasi.. jawabanyan adalah pengemudi.. lha mesthi.. kui sek nyupir je..

Ho’o.. bner.. karna itulah pengemudi haruslah bnar2 siap dan disiapkan.. siap grak!! Haha,,, maksudX siap adalah siap secara fisik dan non fisik…

SATU. Istirahat Cukup

supir perlu istirahat yang cukup

Liat rute dan jarak tempuh yang akan dilalui.. aku baca di AutoBild edisi kapan mbuh, lali aku hehe.. Pengemudi sebaiknya istirahat setelah mengemudi slama 4 jam, dan dalam satu hari maksimal mengemudi selama 8 jam. Tu kondisi ideal bagi pengemudi, ya nyupir ga maksa kemampuan fisiknya gtu.. tapi ne tergantung dari pengemudi tu sendiri,  pengemudi harus bisa itung kemampuan dirinya menghadapi panjangnya rute tempuh juga kondisi jalan yang akan dilalui. Inget.. jangan maksa!! Nek kesel yo leren, mandeg istirahat..

DUA. Suplemen Energi

Ini yang kadang banyak dibahas, perlu ga she, minum suplemen gtu bwat pengemudi?? Ya emang kata orang-orang dan klaim dari produsen, energy drink gtu, bisa menambah stamina pengemudi, analogi kayak nambah Turbo/Nitrous ke dalam mesin, sehingga mesin bertenaga, lebih cepat dan kuat. Tapiiii… itu ada efeknya. Gini-gini aku coba bahas secara gampang, pas pengemudi letih capek dan ngantuk setelah nyupir cukup lama 4 jam gtu, kondisi badan pengemudi bisa dibilang mulae jenuh dan capai. Nah… ketika minum energy drink, jadi terasa lebih enteng, segar dan bugar, padahal tu gara2 efek kandungan kafein dan zat laen, yg bkin seakan2 jd ga cape.. pdhal tubuh dah capek hingga 200%.



Jadi ya kembali ke pengemudi aja.. minum energy drink boleh aja, asal ga banyak2.. atau ga minum ya gpp yang penting istirahat cukup., tidur 7-8jam sebelum perjalanan.

Oya inget jam biologis ya. Gni.. aku pnah baca, sbaiknya kita mengemudi pas jam biologis kita yaitu jam-jam pas bukan kita tidur alias pagi-sore.. itu lebih baik dan aman.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Automotif.... Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s