Tulisan Spesial Mudik 2010 Part V : Beban Penuh . .

saking banyakX,.. "Barang2" ditaruh diatap mobil.. hmmm....

Pas mudik, kadang aku liat dan bias ax kendaran slalu dalam keadan full.. hoho.. full penumpang dan full barang.. boyong smw barang.. hehe mpe kadang ada yg ditaroh atap mobil gtu.. hoho.. boleh-boleh aja she, kan kita bawa barang2 bwat sanak sodara kita, asal jangan berlebihan bawaX dan harus aman cara bawaX..

Yg perlu dinget tu, tambahan barang2 yg dibawa tu ikut nambah bobot kendaraan dan otomatis ngaruh ke performa kendaraan kita, dari stability, handling (kestabilan, pengendalian kemudi), dan acceleration  braking (akselerasi,pengereman).

Kestabilan dan handling?? Lha mesti, waktu bobot bertambah hingga maksimal, suspensi pun mendapat tekanan lebih.

Jadi umumX mobil cenderung limbung dan lebih sulit dikoreksi atau dikendalikan dalam keadaan daruraat.  apalagi kalo barang-barang berat ditaruh diatap, kan posisi keseimbagan mobil jd berubah, dan tingginya tumpukan ngefek ke aerodinamis mobil. Jadi harus ati2, setir rasaX bakalan beda, n jangan coba-coba belok atau maneuver mendadak, gampang oleng ntar..

lebih hati-hati pada "akselerasi" dan "deselerasi" pada saat beban kendaraan berlebih...

akselerasi,pengereman… ya dengan beban lebih berat, kita harus injak pedal gas lebih dalam otomatis bensin pun jadi lebih boros… sedangkan pas ngerem.. jarak pengereman jadi lebih jauh.. trus juga bikin bodi lebih menukik kedepan, ati2 juga pas ngerem.. klo bobot mpe pindah ke depan smw, ban blakang ga dapet traksi(daya cengekeram)

10 tips aman membawa beban

1.    Reduksi bobot barang bawaan semaksimal mungkin.
2.    Letakkan barang-barang yang berat serendah mungkin. Ini akan memperbaiki titik gravitasi mobil.
3.    Gunakan rak tambahan di atap untuk barang-barang yang ringan namun menyita tempat.
4.    Upayakan tidak ada barang yang berserakan di kabin.
5.    Hindari membawa barang yang berpotensi melukai tubuh di dalam kabin.
6.    Menyetirlah lebih tenang dan hindari manuver ekstrem.
7.    Tambah tekanan ban mobil 3-4 psi lebih keras dari standar.
8.    Jaga kecepatan lebih rendah saat melewati turunan.
9.    Gunakan gigi rendah dan putaran mesin tinggi saat menyalip.
10.  Jaga jarak aman lebih jauh dari normalnya.

pasang roofbox aja.. lebih aman dan rapi...

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Automotif.... Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s