Cintai Merek Dalam Negeri

yup.. melanjutkan tulisan dari “Hindari Merek Neolib” saya akan membahas mengenai merek Neolib dengan Merek Lokal alias dalam negeri..

seperti kita tahu, di pusat perbelanjaan dan pusat kota kita telah dijejali/di isi dengan gerai makanan NeoLib itu.. sedikit saya ulas kembali jika merek Neolib itu adalah merek dari perusahaan MNC (multi nasional company) yang berkiblat pada ekonomi pasar dan perdagangan bebas.. dimana moto mereka adalah ” Yang KUAT Yang MENANG)

Mereka datang untuk melakukan ekspansi, masuk disuatu negara, mendirikan cabang usaha, mendikte konsumen, sehingga pasar mereka pun takluk denga rayuan dan bujukan mereka melalui proosi mereka yang gencar, dan mereka membanderol harga produk makanan dan minuman yang mereka tawarkan dengan harga atas mahal demi tercapainya target keruk keuntungan mereka.. karna mereka berpedoman pada laba supernormal..

selain di mall dan pusat kota, ketika kita saja baru mendarat di bandara, kita langsung disambut oleh kehadiran mereka.. Ini di Indonesia yaa..Kontras sekali dengan keadaan di negara (kali ini saya contohkan) Filipina dan Korea Selatan…

klo kita mendarat atau datang ke Filipina, maka kita akan tau disana ada gerai makanan minuman asli sana, yang bisa dibilang merajai di wilayahnya sendiri..

namax Jollibee… kisahnya gini, pendiri JolliBee TonyTan Caktiong (klo ga salah baca di majalah SWA Agustus 2011 kmaren) tahun 1970an memiliki usaha makanan kelas menengah bawah.. belum terlalu besar seh, tapi udah lumayan waktu itu. Nah, menjelang tahun 1980 TonyTan mendengar bahwa akan ada usaha makanan bernama MekDi (mcD) yang akan masuk ke Filipina..

Tak mau pasar dia direbut oleh kedatangan MekDi, Tony Tan, menerapkan strategi perang oleh bangsawan China yaitu Sun Tzu.. (walah…walah.. ndadak perang taa..) sebentar.. jangan salah nangkep maksud, maksudnya disini sang pemilik JolliBee, segera mencari tahu apa dan bagaimana itu Mekdi (McD)….

Sesuai jurus atau strategi SunTzu, bahwa kalo kita ingin memenangkan peperangan kita harus mengetahui kekuatan lawan,mengetahui seluk beluk dan segala sesuatu tentang lawan)..

TonyTan sampai pergi ke Amerika Serikat untuk mencari tahu MekDi.. dan sekembalinya dari AS, TonyTan melakukan banyak strategi baru yang ia terapkan dalam bisnisnya, seperti menggunakan maskot pada produknya, seragam khas karyawan, berbagai menu baru yang disesuaikan dengan citarasa lokal..

Startegi itu berhasil, waktu MekDi masuk ke Filipina,tanggapan pasar tidak terlalu antusias karena ditempat mereka sudah ada JolliBee yang cocok dengan lidah mereka.. Kini JoliiBee telah sukses hingga beberapa negara seperti Saat ini rantai makanan cepat saji terbesar di negara ini, juga memiliki lokasi di Amerika Serikat  , Arab Saudi  , Hong Kong  , Vietnam  , Malaysia  , Indonesia  , Uni Emirat Arab  dan Brunei  .

hahhh.. capekk. stlah bercerita sedikit dari yang saya baca kemaren..

okay.. bagaimana di Indonesia??

 Adakah yang berani menjadi sperti JolliBee?? menjadi Raja di negeri sendiri untuk melayani rakyatnya..

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience, Finance n Economy and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s