Hindari Merek “NeoLib”

hey.hey.. sudah lama tidak menulis disini..

okay kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengenai merek “Neolib”… Anda tahu apa itu merek “Neolib”??

sebelum ke.merek Neolib, kita harus mengerti dulu apa arti neolib itu sendiri…  sebentar saya ambil dari wikipedia:

Neoliberalisme yang juga dikenal sebagai paham ekonomi neoliberal mengacu pada filosofi ekonomi-politik akhir-abad keduapuluhan, sebenarnya merupakan redefinisi dan kelanjutan dari liberalisme klasik yang dipengaruhi oleh teori perekonomian neoklasik yang mengurangi atau menolak penghambatan oleh pemerintah dalam ekonomi domestik karena akan mengarah pada penciptaan Distorsi dan High Cost Economy yang kemudian akan berujung pada tindakan koruptif.  Paham ini memfokuskan pada pasar bebas dan perdagangan bebas.

Perhatikan yang saya garis bawahi.. pasar bebas dan perdagangan bebas..itu kata kuncinya..

Lalu apa hubungannya Neolib dengan merek Neolib??

Baik, saya akan bercerita sejenak tentang pengalaman saya sehari yang lalu, saya ditraktir makan di sebuah resto berjaringan MNC (multi.national company) di daerah Jakal,Jogja… nah, setelah itu saya teringat dengan merek.merek luar negri yang biasanya berupa perusahaan makanan dan minuman, misalnya (saya samarkan menjadi MekDi, StarBaks, peHa, KaEFci, ciEFci, dan masih banyak lagi yang sudah menjamur di berbagai kota besar dan menengah.

Ada yang terlintas dalam benak saya mengenai merek-merek tersebut.. Mereka hadir datang ke Indonesia dengan bermodal besar dan menjajah negara kita.. Kurang lebih seperti itu. Lihat saja, setiap kita mendarat di bandara atau sekitar airport, kita jumpai mereka, di pusat-pusat perbelanjaan yang sering kita sebut Mall, sudah pasti ada mereka berdiri di sana..

Itulah yang saya sebut dengan merek-merek Neolib, yaaa.. mereka bermodal besar, melakukan ekspansi di negara lain demi mengeruk keuntungan sebesar-besarnya… celakanya mereka membanderol dengan price yang demikian tinggi demi profit mereka… celakanya lagi mereka juga seakan menghipnotis target pasar mereka dengan rayuan dan buaian bahwa produk mereka yang paling enak bagus berkelas tinggi… dan paling celaka adalah konsumen di negara kita terperangkap jebakan mereka dengan banyak konsumen yang tergila-gila produk mereka, terbukti gerai mereka termasuk laris manis dengan high price yang mereka tawarkan.

bersambung.. ke tulisan berikutnya…

Cintai Merek Dalam Negeri

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience, Finance n Economy and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

