Kunci Kesuksesan Air Asia: Now Everyone Can Fly

Pernah baca iklan Air Asia di media cetak yang menawarkan tarif penerbangan yang murahnya gila-gilaan?? Pasti hampir semua orang pernah lihat iklan si Merah dari Malaysia ini..hehehe.. misalkan Terbang Yogyakarta-Kuala Lumpur Rp10.000; wuih..

yaa itulah ciri khas dari Air Asia yang merupakan maskapai penerbangan LCC (low Cost Carrier) alias berbiaya rendah..  saya mau sedikit cerita tentang cerita awal mula dan kunci sukses dari Air Asia setelah saya baca buku The Air Story: Kisah Maskapai Tersukses di Asia..

Tony Fernandez adalah orang sekaligus ‘pilot’ yang sukses menerbangkan Air Asia dari maskapai bobrok menjadi maskapai yang besar dan terkenal. Tony Fernandez memang tertarik dengan dunia penerbangan. Ada Inspirasi yang dia tangkap ketika Ia terbang ke London sebagai eksekutif Time warner. Disana ia jatuh cinta pada konsep bisnis low cost carrier yang dijalankan oleh maskapai Easy Jet dari London dan Ryan Airlines dari Irlandia. Perlu diketahui  Low Cost Carrier pertamakali sukses dicoba oleh maskapai Amerika Serikat yaitu Southwest Airline pada tahun 1971. Tony Fernandez ingin mencoba bisnis tersebut.

Sebenarnya nama awalnya bukan Air Asia, tapi DRB Hicom yang merupakan maskapai milik pemerintah Malaysia. Tapi DRB Hicom mengalami kembang kempis dan terseok-seok, hingga pada akhir 2001 dibeli oleh mantan Eksekutif Time Warner Malaysia, Tony Fernandez.

Tau biaya yang dikeluarkan ketika membeli DRB Hicom?? hanya 1 Ringgit Malaysia karena harga simbolik. DRB Hicom memiliki 2 pesawat Boeing 737-300 dan tanggungan hutang yang sangat banyak (lebih dari 100 milyar rupiah).

untuk nomboki Air Asia yang baru lahir itu, Tony keluar dari Time Warner dan menjual saham miliknya, menjual rumahnya agar ia bisa menambah armada dan kelengkapan bisnisnya.

Konsep Bisnis Air Asia memang sungguh mengaggumkan, mereka bisa menekan biaya hingga 50%, misalnya harga tiket pesawat Air Asia hanya 97.500 sedangkan tiket Bus menyentuh 100.000..

Awal Januari 2002, Air Asia mulai mengudara, dan 7 Bulan setelah itu Air Asia sudah menerbangkan 1,1 juta penumpang.. dengan pendapatan 282 milyar. Tahun pertama masih merugi, namun terus berkembang dan meraih laba hingga pada tahun 2007 pendapatan mereka 1602 milyar dengan laba bersih 567,5, meningkat puluhan kali lipat dari masa-masa awal.

Sebenarnya apa seh Kunci Sukses Air Asia??

  1.  Mereka mengejar pelanggan loyal yang selalu menggunakan jasa mereka. Dengan sering memberikan diskon dan promo tarif lebih rendah, Air Asia berharap pelangggan selalu menggunakan jasa mereka.
  2. Air Asia adalah maskapai spesialis  penerbangan jarak dekat yang hanya memakan waktu paling lama 4 jam, sehingga mereka tidak menyediakan makanan untuk penumpang. Namun, penumpang dapat memesannya optional.
  3. dengan alasan yang sama, awak kabin tidak perlu berganti shif dalam perjalanan PP..
  4. Inilah yang paling utama: Air Asia mendorong calon penumpang untuk membeli tiket melalui internet.. yaa dengan begitu tidak perlu menyewa tempat penjualan tiket besar-besaran dan tidak perlu mempekerjakan staf ticketing terlalu banyak.
  5. Meghemat biaya administrasi dengan tidak mencetak tiket fisik, karena hanya muncul kode tiket… calon penumpang bisa mencetak sendiri tiket mereka jika mereka membutuhkan tiket fisik..
  6. Menghemat dengan parkir pada landasan paling ujung, hali ini untuk menekan biaya sewa landasan, konsekuensinya para penumpang harus berjalan lebih jauh untuk menuju pintu keluar bandara.
  7. Tidak menggunakan fly.over penghubung pintu pesawat ke gedung bandara.
  8. Air Asia mencoba mencari landasan dengan biaya mendarat paling murah, misal saja ketika di Hongkong terlalu mahal maka, pesawat akan mendarat di Macau, dan penumpang akan diantar selama 30 menit menuju Hongkong.
  9. BBM itu biaya operasional paling besar yaitu mencapai 60% dari total biaya operasional. Jadi, Air Asia mengatasi dengan tender awal pengadaan BBM skala besar agar bisa menjaga biaya operasional mereka. Itulah bentuk hedging BBM.
  10. Publisitas… ini juga faktor penting, kesuksesan dan ketenaran air asia, media yang mengulas image positif maskapai ini mendorong orang untuk mencoba terbang murah tanpa harus kehilangan kenyamanan kualitas yang mereka terima.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in eBooks, Finance n Economy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s