Mendinginkan Laptop dengan Underclocking and Undervolt

ulasan kali ini mengenai pengalaman pribadi tentang lapy yang kepanasan.. beberapa bulan yang lalu saya telah memposting screen shot aplikasi HW Monitor yang merupakan program pemantau suhu processor dan graphic card pada notebook kita..

suhu processor dan graphic card mencapai 90 bahkan nyaris 100

woowww.. saya hampir saja memanggang notebook saya.. untuk itulah saya mencoba untuk mencari alternatif mendinginkan laptop. Sebenarnya ada beberapa alternatif cara yang dapat digunakan untuk mendinginkan suhu notebook..

  1.  membuka cover bawah notebook lalu membersihkan heatsink fan dengan tujuan menghilangkan debu-debu halus yang menempel pada permukaan sirip pendingin yang mengganggu transfer panas.
  2. melepas heatsinkfan dan mengganti thermal pad (penghantar panas) dari permukaan processor dan graphic card ke pendingin… biasanya thermal pad hanya bertahan 2 tahun dengan kata lain semakin lama performa dia dalam mentranfer panas akan turun drastis.
  3.  menurunkan kecepatan notebook kita, cara menurunkan bisa dengan mengurangi multiplier (faktor pengali kecepatan processor) atau menurunkan tegangan processor..

Setelah saya pikir-pikir alternatif 1 dan terutama 2 akan membutuhkan biaya, karena harga thermal pad (bisa ganti dengan thermal paste) yang berkualitas cukup mahal bisa diatas 100.000.hmmm

Keuntungan yang didapat dari undervolt:

  1. Processor akan lebih dingin (tergantung tegangan yang kita turunkan, penurunan suhu bisa mencapai 5-15 derajat celcius)
  2. Durasi Baterai lebih lama (dengan voltase lebih rendah maka daya yang dibutuhkan akan turun yang berdampak pada pemakaian baterai lebih hemat).
  3. Suara Fan berkurang (suhu yang lebih rendah akan membuat kecepatan kipas pendingin tidak perlu ngebut brisik dan akan lebih tenang )
  4. Perangkat Notebook lebih tahan lama (ini pasti karena musuh utama notebook adalah panas yang berlebih)
  5. bagian keyboard lebih dingin, lebih nyaman buat ngetik
  6. Lebih Hijau😀 Go Green..

Kerugian yang mungkin terjadi:

  1. Restart mendadak ketika menurunkan tegangan, turunkan secara bertahap, jangan langsung beberapa tingkat.. (tenang saja karena undervolt tidak akan merusak hardware kita… saat restart tegangan akan kembali ke default – normal)

saya putuskan untuk mencoba mengunderclock dan mengundervolt.. ada beberapa software yang kita butuhkan..

– RMclock v.2.35 – (untuk mengubah faktor pengali dan tegangan)
– ORTHOS CPU Loader – (utk menguji kestabilan)
– HWmonitor – (untuk melihat suhu notebook kita)

Install RM Clock dan HW Monitor…

full load saya pake multiplier 9x 200 jadi 1,79 Ghz,,,, ketika idle hanya 3x200 jadi 600Mhz

perhatikan RM Clock diatas, untuk mengurangi speed processor, hilangkan tanda centang pada multiplier yang tidak akan kita pakai. Saya hanya memakai 9x sehingga saya akan dapat processor yang jalan 9x200Mhz yaitu 1,79Ghz.

lalu saya mengaktifkan Super LFM (Low Frequency Mode) pada processor Core 2Duo T7700.. Ingat!!!! tidak semua processor mobile (notebook) memilki fitur ini. pilih multiplier paling rendah yaitu 3x, agar berjalan pada 600Mhz ketika laptop idle tidak ada beban kerja.

pada beban 100% kini processor hanya akan jalan pada 1,79Ghz turun 600Mhz dari 2,4Ghz

Super LFM (Low Frequency Mode) saat idle cuma 600Mhz... ademmm..

eng..ing.. engggg…

suhu laptop notebook saya kini jauh lebih dingin.. (liat screen shot bawah) cuma sekitar 50-60 derajat celcius…😀

sekarang suhu berkisar 50-60 derajat turun drastis🙂

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience, IT and Computer's and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s