Analisis Kasus ConSport Corporation

ConSport Corporation adalah perusahaan grosir berskala besar barang-barang kebutuhan olah raga. Arus sistempengeluarannya adalah sebagai berikut:

  1. Divisi utang usaha menyetujui pembayaran semua faktur (I) untuk pembelian sediaan. Faktur tersebut lalu dicocokkan dengan permintaan pembelian (PR), pesanan pembelian (PO), dan laporan penerimaan (RR). Petugas utang usaha memusatkan perhatiannya pada nama penjual/pemasok dan memilih dokumen ketika ia menyatukan dokumen-dokumen tersebut.
  2. Setelah semua dokumen yang berhubungan dengan faktur dikumpulkan, dibuatlah dua salinan voucher pengeluaran (DV) dan transaksi dicatat dalam register voucher (VR). Voucher pengeluaran dan dokumen pendukung kemudian diarsipkan menurun abjad nama pemasok
  3. Dua salinan jurnal voucher (VJ)yang mengikhtisarkan ayat jurnal setiap hari dalam register voucher telah dibuat secara harian. Lembar 1 dikirim ke divisi buku besar dan lembar 2 diarsipkan ke divisi utang usaha per tanggal tersebut.
  4. File pemasok dicari setiap hari untuk menentukan voucher pengeluaran yang sudah saatnya dibayar. Dua salinan voucher pengeluaran yang sudah waktunya untuk dibayar lalu dikirimkan ke divisi keuangan bersama dengan dokumen pendukungnya. Kasir lalu menyiapkan selembar cek untuk setiap pemasok, menandatangi cek-cek tersebut, dan mencatatnya dalam register cek (CR). Salinan 1 dari voucher pengeluaran kemudian dilampirkan pada salinan cek dan diarsipkan berdasarkan  nomor urut cek di divisi keuangan. Salinan 2 dan dokumen pendukungnya dikembalikan ke divisi utang usaha dan diarsipkan menurut abjad per nama pemasok.
  5. Dua salinan jurnal voucher yang mengikhtisarkan cek setiap hari akan dibuat  salinan 1 dikirim ke divisi buku besar dan salinan 2 diarsip dalam divisi keuangan per tanggal itu.
  6. Kasir menerima laporan bank bulanan beserta cek yang dibatalkan dan membuat rekonsiiasi bank (BR). Jika diperlukan penyesuaian sebagai konsekuensi dari rekonsiliasi bank , maka akan dibuat 2 salinan jurnal voucher. Salinan 1 akan dikirim ke divisi buku besar. Salinan 2 dilampirkan pada salinan 1 rekonsiliasi bank dan diarsipkan ke divisi keuangan per bulan. Salinan 2 rekonsiliasi bank dikirimkan ke divisi internal audit.

Sistem pengeluaran kas ConSport Corporation adalah system manual dan mempunyai beberapa kelemahan. Review system pengeleluaran kas tersebut dan untuk setiap langkah dalam sistem tersebut.

Pembahasan:

1. Verifikasi Dokumen

Kelemahan:Pencocokan faktur dengan surat permintaan pembelian (purchase requisitions), surat pesanan pembelian (purchase order) dan laporan penerimaan (receiving reports), hanya tertuju pada nama pemasok atau penjual. Sehingga ConSport bisa saja ditagih atau membayar tagihan untuk barang-barang yang tidak mereka beli atau tidak mereka terima. Selain itu, memungkinkan terjadinya kesalahan isi faktur, seperti salah perhitungan dan hal ini bisa membuat ConSport harus membayar tagihan lebih mahal.

Rekomendasi: Seharusnya karyawan bagian ???ini??? benar-benar memeriksa dokumen-dokumen yang ada, melakukan perhitungan ulang, pencocokan faktur dengan dokumen lain seperti surat permintaan pembelian (purchase requisitions), surat pesanan pembelian (purchase order) dan laporan penerimaan (receiving reports), apakah dokumen-dokumen tersebut telah cocok dan benar.

2. Pemisahan Tugas

Kelemahan: Kasir menyiapkan sekaligus menandatangani cek yang akan dikirimkan. Selain itu Kasir juga yang mencatat pengeluaran cek dalam register cek. 1 orang melakukan 3 tugas penting sekaligus. Hal ini memungkinkan kasir tersebut mengeluarkan cek dan menandatangani cek yang dia keluarkan untuk kepentingan lain.

Rekomendasi:Seharusnya 3 tugas diatas tidak dijalankan oleh 1 orang saja, melainkan lebih dari 1 orang. ConSport sebaiknya merekrut 1 orang lagi untuk memisahkan tugas bagian tersebut untuk mengurangi potensi kecurangan.

3. Pemisahan Tugas

Kelemahan: Kasir ConSport menjalankan tugas pengeluaran kas dan melakukan tugas rekonsiliasi bank. Hal ini memungkinkan kasir menyalahgunakan kas dengan meyesuaikan/mengatur rekonsiliasi bank.

Rekomendasi: Orang yang bertugas melakukan rekonsiliasi bank seharusnya terpisah dari yang bertugas kasir dan pengeluaran kas.

4.Dokumentasi Arsip

Kelemahan: Divisi Utang Usaha mengirim 2 voucher pengeluaran (disbursement voucher) ke divisi keuangan tanpa memiliki salinan untuk diarsip mereka. Jika voucher pengeluaran hilang sebelum diterima Divisi Keuangan maka tidak ada catatan mengenai faktur yang belum dibayar. Hal ini bisa membuat ConSport terlambat membayar, tidak mendapatkan potongan harga hingga terganggunya hubungan ConSport dengan pemasok akibat masalah domino ini.

5.Pengurutan Arsip

Rekomendasi: Seharusnya Divisi Utang Usaha menyimpan 1 salinan voucher pengeluaran (disbursement voucher) sebagai arsip mereka. Kelemahan: Divisi Utang Usaha mengarsipkan voucher pengeluaran dan dokumen pendukung menurut abjad nama pemasok. Cara ini membuat ConSport perlu waktu mencari lebih lama ketika mencari voucher pengeluaran mereka dan berpotensi tidak mendapatkan potongan pembelian.

Rekomendasi: Sebaiknya voucher pengeluaran dan dokumen pendukung diarsip berdasarkan tanggal jatuh tempo.

ConSport Corporation (CMA Examinations) Accounting Information Systems  

Case 11.9 Recommendation to Correct Weakness http://www.box.net/shared/1ta6nrg4yt4gabjpcr2y

 

Flowchart ConSport http://www.box.net/shared/aqysxghy4mp5sjhvqpm1

Flowchart  ConSport 1 http://www.box.net/shared/2kn8ve51ra8fcxiuc868

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy, Kuliah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s