Know How: NFC (Near Field Communication)

Konektifitas antara satu perangkat dengan perangkat Iainnya secara nirkabel semakin beragam. Mulaidari infrared, bluetooth dan WiFi, kini ado juga yang namanya NFC (Near Field Communication).

Salah satu ponsel yang sudah menggunakan teknologi NFC adalah Nokia dengan Symbian Belle-nya dan BlackBerry yang menggunakan OS 7. Pada ponsel smartphone, teknologi 1111 digunakan untuk mempermudah transfer data. ladi, pengguna ponsel dapat mengirimkan ga mbar, foto dan video ke perangkat yang mendukung teknologi NFC lainnya tanpa perlu mengaktifkan bluetooth dan cukup dengan menempelkan kedua ponsel tersebut. Namun tidak hanya itu, masih banyak keuntungan lain yang dapat dimanfaatkan clad teknologi NFC ini.

Konon kabarnya NFC diadopsi kedalam sistem operas’ Windows 8 buatan Microsoft. Kehadiran NFC di Windows 8 ini lebih diutamakan untuk penggunaan Windows 8 di tablet PC, terlebih untuk menawarkan beragam layanan yang ditawarkan NFL Sebenarnya NFC adalah pengernbangan dad teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang digunakan ke dalam perangkat mobile seperti ponsel untuk berbagal keperluan.

Teknologi NFC menawarkan tingkat kenyamanan dan keamanan tinggi. Gerakan atau sentuhan sederhana dapat memungkinkan berbagai perangkat seperti tablet, notebook, PC, smartphone dan perangkat komputasi lain, untukdengan mudah berinteraksi satu sama lain atau dengan perangkat pasif seperti tag, label dan poster. NFC juga dapat digunakan untuk mentransfer kontrol dari satu perangkat ke perangkat lain, seperti untuk melakukan transfer panggilan video dad tablet ke perangkat lain yang sudah mendukung adanya teknologi NFC.

Berdasarkan definisi, NFC {Near Field Communication) adalah salah satu teknologi konektivitas wireless jarak dekat yang memungkinkan interaksi duo arab antar perangkat elektronik yang lebih aman dan simple. NFC juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara contactless, mengakses konten digital dan melakukan koneksi dengan perangkat

elektronik hanya dengan satu sentuhan. NFC berkomunikasi via induksi medan magnet, dimana duo perangkat terletak dalam area yang berdekatan yang secara efektif membentuk sebuah transformator dengan inti udara. Komunikasi antar duo perangkat yang mendu bung teknologi NFC ketika perangkat tersebut berada dalam jarak kurang dari 20 cm atau lebih dekat lag’ satu sama lain. NFC beroperasi dalam frekwensi radio 13.56 MHz yang berlisensi ISM band.

Selain itu, NFC rnerupaka n teknologi yang dapat menulis dan membaca data yang dilakukan dalam koneksi. Kecepatan transfer data yang dapat dilakukan menggunakan NFC beragam, antara lain 106 Kbps, 212 Kbps dan 424 Kbps. Keunikan dari NFC ini terletak pada kemampuannya untuk mengubah mode operasinya menjadi reader/writer, peer to peer, atau card emulation. Mode operasi yang berbeda tersebut berdasar pada ISO/EIC 18092 dan (S0/EIC 14443 contacless smart card standard.

Sumber: Tabloid Pulsa Edisi Akhir November-Awal Desember 2011

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in IT and Computer's. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s