Kasus 15.2 Hindustan Lever Ltd (Management Control System)

  1. Uraikan dan evaluasilah strategi yang digunakan oleh Hindustan Lever selama tahun 1994–2002 untuk menumbuhkan produk to –line mereka?

Strategi yang digunakan oleh Hindustan Lever dalam mempertahankan dan menumbuhkan top-line mereka dengan dua pemikiran utama. Pertama HLL, memprioritaskan kesempatan yang dibangun berdasarkan asset dan kemampuan. Kedua, menghindari penyebaran bakat manajemen yang terlalu luas. Selain itu HLL juga memfokuskan pada inovasi produk dan diversifikasi produk. Terbukti dengan akuisisi perusahaan–perusahaan yang bergerak di bidang produksi buah yang telah diolah, seperti selai dan minuman dingin.

Strategi lain yang digunakan oleh Hindustan Lever Ltd, Dalam menumbuhkan produk top-linenya adalah dalam proses pemasarannya dimana mereka menyasar kalangan-kalangan lain yang tidak dilirik oleh perusahaan lainnya yang bergerak di bidang sejenis. Promosi yang digunakan lebih langsung menyasar ke target pasar dengan memberikan edukasi terkait kelebihan produk yang dimilikinya serta keterkaitannya dengan manfaat yang akan diperoleh oleh konsumennya

2. Evaluasilah pengendalian dan organisasi yang digunakan oleh Hindustan Lever Ltd. Untuk menerapkan inisiatif pertumbuhannya dalam garam beryodium KissanAnnapura?

–          Strategi pemasaran produk yang bagus. Tidak seperti perusahaan multinasional kebanyakan yang berfokus pada pasar menengah keatas, HLL lebih memilih untuk berinovasi dan membidik pasar menengah kebawah. Produk inovatif pada umumnya memiliki biaya research and development yang tinggi sehingga perusahaan biasanya menurunkan kualitas produknya. Untuk itu, HLL melakukan inovasi dengan mengembangkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar di India. Seperti misalnya pengembangan Breeze 2 in 1, yaitu kombinasi sampo dan sabun dengan harga terjangkau, yang merupakan produk ekonomis dan dapat dijangkau oleh masyarakat. Selain itu HLL juga mengubah pendekatan pemasaran mereka terhadap masyarakat miskin pedesaan dengan cara menarik yaitu dengan menyewa aktor, penari, dan pesulap lalu kemudian melakukan promosi keliling di pedesaan.

–  HLL melakukan ekspansi produk, yaitu konsumen harus mendapatkan nilai lebih dari suatu merek yang menjanjikan kualitas dan konsistensi. Dalam hal ini perusahaan memilih produk tepung dan garam beryodium yang bermerek. HLL mengutamakan garam yodium yang bermerek dengan keunggulan bahwa garam bermerek lebih bermutu serta penambahan bahan kimia yodium dapat menyehatkan.

3.Kriteria-kriteria apakah yang akan anda gunakan untuk memilih salah satu dari sekian banyak proposal pertumbuhan yang telah diserahkan pada Banga?

Menurut kelompok Kami, kriteria-kriteria yang dapat dipilih antara lain:

–          Memilih proposal yang mempunyai potensi bisnis.

–          Persaingan diantara perusahaan yang sudah ada (berdasarkan jumlah pesaing).

–          Daya tawar pembeli.

–          Daya tawar penjual.

–          Kemampuan perusahaan untuk menjalankan kegiatan dalam proposal tersebut.

–          Pertimbangan kesanggupan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan proposal tersebut.

–          Pertimbangan proposal tersebut memang dibutuhkan dan akan diterima serta berkembang di pasar.

–          Adanya ancaman produk pengganti

–          Adanya ancaman pendatang baru.

 3.Mengapa anda memilih kriteria-kriteria tersebut ?

Kriteria tersebut diambil jelas karena berdasarkan dua pemikiran utama perusahaan dalam mengembangkan perusahaan. Yang pertama berdasarkan kemampuan dan aset yang ada, perusahaan dalam hal ini tidak hanya terfokus pada satu produk saja tapi kemudian mengembangkan turunan dari produk tersebut. Sebagai contoh, HLL menjual tepung gandum lalu kemudian mengembangkan roti sebagai produk baru mereka.

Yang kedua adalah menjaga penyebaran kemampuan manajemen agar tidak terlalu luas. Jadi setiap manajer hanya berfokus pada tanggungjawabnya masing-masing agar pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Kriteria lain sebagai pendukung yang dipilih yaitu adanya daya tawar pembeli (bargaining power of buyers), beberapa faktor yang meningkatkan kekuatan tawar pembeli:

–          Pangsa pembeli yang kuat.

–          Biaya mengalihkan ke produk lain yang relatif kecil.

–          Banyaknya produk substitusi (daya tawar pembeli menjadi rendah jika tidak terdapat barang substitusi, sehingga mau tidak mau pembeli hanya mempunya satu pilihan produk).

–          Tidak atau minimnya differensiasi produk.

Sedangkan untuk daya tawar pemasok (bargaining power of suppliers), beberapa faktor yang mempengaruhi kuat atau tidaknya kekuatan daya tawar penyedia input:

–          Industri pemasok didominasi hanya oleh sedikit perusahaan.

–          Produk pemasok hanya memiliki sedikit pengganti barang substitusi.

–          Pembeli bukan merupakan pelanggan yang penting bagi pemasok.

–          Produk pemasok didefferensiasikan

–          Produk pemasok memiliki biaya pengalihan yang tinggi.

–          Pemasok memiliki ancaman integrasi kedepan yang kuat.

Adanya ancaman pendatang baru maksudnya kekuatan  ini biasanya dipengaruhi besar kecilnya hambatan masuk ke dalam industri. Hambatan masuk kedalam industri itu contohnya antara lain : besarnya biaya investasi yang dibutuhkan, perijinan ,akses terhadap  bahan mentah, akses terhadap saluran distribusi, ekuitas merek dan masih banyak lagi.  Biasanya semakin tinggi hambatan  masuk , semakin rendah ancaman yang masuk dari pendatang baru.

Adanya ancaman produk pengganti (substitusi). Pembeli kecenderungan untuk mengganti produk karena kinerja dari produk pengganti lebih baik dan memiliki harga relatif murah. Jumlah produknya juga lebih gampang ditemukan di pasar.

4. Berdasarkan keputusan anda, praktik dan proses apa yang seharusnya dipertahankan HLL? Praktik dan proses apa yang harus dikembangkan?

  • Praktik dan proses yang seharusnya dipertahankan:

–          Strategi pemasaran. Perusahaan harus jeli melihat keadaan suatu wilayah kemudian mencari strategi pemasaran terbaik yang dapat dilakukan. Karena kawasan India masih tergolong Negara berkembang dan tidak semua masyarakat memiliki fasilitas elektronik, maka mempromosikan produk dengan media elektronik dirasa tidak akan cukup maksimal. Maka perusahaan melancarkan strategi pemasaran dengan cara promosi ke daerah dengan melakukan demo produk HLL di lokasi yang dapat menarik masyarakat sekitar.

–          Kepedulian terhadap konsumen. Hal ini dapat ditunjukkan dengan pelayanan kepada masyarakat miskin pedesaan di India. Hal ini merupakan langkah yang tepat dari sudut pandang sosial untuk menjaga kualitas dan kepercayaan dari konsumen.

–          Riset. Perusahaan perlu terus melakukan riset dan pengembangan inovasi untuk menciptakan produk baru misalnya bermula dari fokus awal berupa sabun, kemudian garam beryodium lalu bahan makanan pokok. Jadi perusahaan tidak hanya mengembangkan inovasi dari satu jenis produk saja namun juga mengembangkan inovasi produk lain yang memungkinkan memperoleh pangsa pasar di wilayah tersebut.

–          Inovasi. HLL harus selalu berfokus pada inovasi-inovasi dan selalu bangga terhadap kesuksesan pelaksanannya.

–          Peluang Pasar. Mencari peluang pasar yang baru melalui pemasaran di kalangan masyarakat menengah ke bawah.

  • Praktik dan proses yang seharusnya dikembangkan:

–          Temukan cara untuk menawarkan pelanggan HLL lebih dari apa yang mereka butuhkan. Jika HLL dapat menemukan cara untuk menawarkan lebih banyak produk dan layanan, ini dapat meningkatkan kemungkinan pelanggan tetap dengan produk HLL. Jika HLL dapat menawarkan insentif tambahan dan layanan gratis, ini akan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

–          Menindaklanjuti dengan pelanggan. Banyak perusahaan telah puas dengan pelanggan yang mereka memiliki tetapi tidak meluangkan waktu untuk memeriksa mereka secara berkala. Jadi, pastikan perusahaan meluangkan waktu untuk menghubungi mereka.

–          Beri tahu pelanggan secara teratur bahwa perusahaan menghargai mereka. Meskipun perusahaan mungkin berasumsi bahwa pelanggan sudah tahu, memberitahu mereka akan menghapus semua keraguan. Luangkan waktu untuk membuat pelanggan merasa dihargai. Hal itu akan membantu perusahaan mempertahankan pangsa pasar.

–          Personalisasi layanan yang diberikan kepada  pelanggan. Temukan cara untuk merayakan kemenangan dan acara khusus dengan pelanggan perusahaan. Misalnya, mengirim kartu ulang tahun pribadi atau hadiah pernikahan kepada klien dapat membantu membuat mereka merasa istimewa. Ketika salah satu klien  melakukan sesuatu yang penting, pastikan untuk menelepon dan mengucapkan selamat kepadanya. Hal ini dapat dilakukan untuk perusahaan yang masih berskala kecil. Sedangkan untuk perusahaan yang sudah berskala besar, personalisasi karyawan dilakukan hanya kepada klien yang mempunyai hubungan dekat dengan perusahaan dan memiliki kontribusi yang cukup besar bagi perusahaan.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Kuliah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s