Keunggulan Mobil Hybrid Prius

Jika ditanya, mobil apakah yang sedang Anda inginkan saat ini? Saya akan menjawab, Toyota PriusšŸ™‚ ya tentunya setelah membaca dari berbagai sumber termasuk sisipan artikel majalah yang mengupas tentang mobil hybrid.

Sebelumnya kita mesti tahu dulu makna hybrid, hybrid disini maksudnya adalah perpaduan 2 jenis yang berlainan.. Tentunya yang berpadu dalam hal ini adalah mesin yang digunakan. Ā Dibalik kap mesin mobil hybrid memang terdapat dua jenis mesin yang berbeda yakni motor bakar dan motor listrik. 2 mesin tersebut bisa berjalan sendiri-sendiri maupun keduanya bisa berpadu untuk memberikan energi kepada kendaraan untuk dapat bergerak.

Mesin motor bakar (kiri) dan mesin motor elekrik (kanan)

Pada saat berjalan pelan karena macet, maka mobil akan bergerak dengan tenaga motor listrik saja, motor bakar(bensin) tidak hidup. Saat mobil berhenti karena macet, kedua mesin akan mati, kebutuhan energi untuk AC dan lainnya akan dipasok dari baterai.

Nah, kalau begitu kapan mesin motor bakar (bensin) akan menyala? Mesin bensin akan menyala ketika mobil berjalan mulai cepat, perpindahan dari motor listrik ke motor bensin sangat halus dan tidak terasa oleh pengendara… yang lebih canggih lagi saat kita ingin berakselerasi cepat, maka kedua mesin akan bersatu padu sehingga tenaga yang didapat pun berlipat ganda. Begitu pula ketika pedal gas dilepas dan kendaraan berdeĀ­selerasi, motor listrik akan berpeĀ­ran sebagai generator dan mengĀ­konversi energi kinetik pada roda untuk mengisi baterai.Ā Ā Dan terakhir saat kita mengerem maka secara otomatis baterai akan terisi dari energi kinetik yang diubah menjadi daya listrik untuk charging baterai.. Canggih kan?? hehe

Perpaduan tenaga antara bahan bakar dan listrik akan memberikan efisiensi yang optimum, terutama soal penggunaan BBM. Nah, dari efisiensi penggunaan BBM tentunya akan berdampak positif pada banyak hal seperti turunnya tingkat emisi, polusi dan juga menghemat pengeluaran BBM kita.hehe..Ā mobil hybrid generasi ketiga yang membawa mesin 1.800 cc, tercatat konsumsi bahan bakarnya sekitar 26 km/ liter. Jelas sangat irit jika dibanĀ­dingkan dengan mobil konvenĀ­sional pada umumnya.

Wah.bearti mobil kita menggendong baterai yang besar? Apakah itu tidak berbahaya, karena bisa meledak? Oh.. jangan khawatir, pihak Toyota mengklaim bahwa mesin dan baterai mobil hybrid mereka tak akan membuat repot pemiliknya. Secara durabilitas dan kualitas, mesin dan baterai mobil hbrid Prius memiliki daya tahan sangat tinggi. Sampai saat ini belum ada keluhan terhadap baterai hybrid Toyota.

Hal tersebut dikarenakan kualitas baterai NiMH yang digunakan memiliki standar yang sangat baik, selain itu memiliki sistem komputer yang mengatur pengisian daya baterai. Yayaya… baterai memang didesain untuk tetap mampu bekerja hingga kahir umur kendaraan tanpa ada kendala. Ambil contoh, taksi hybrid di Kanada dengan odometer 200.000mil masih berjalan mulus tanpa mengalami sedikitpun masalah pada baterai mereka.

Sayangnya di Indonesia mobil hybrid Toyota Prius masih dibanderol dengan harga mahal, yaitu setidaknya Rp 600 juta, kabarnya hal itu dikarenakan adanya pajak yang membuat harga jualnya melambung tinggi. Seharusnya pemerintah bisa memberi insentif khusus untuk mobil ramah lingkungan ini hingga kisaran harga jual Rp 250 juta, tentu akan banyak orang yang akan menggunakan mobil hijau ini.šŸ™‚

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Automotif... and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s