Fakta dan Kritik Mengenai Buruh Perakit iPhone

Tahukah Anda jika barang elektronik Anda yang sedang anda gunakan saat ini dibuat di Cina??? Tak peduli apapun merek gadget maupun elektronik kita saat ini, seperti Apple, Motorola, Nokia, Hewlett Packard, Dell and Sony sebagian besar merupakan produk yang dibuat/dirakit/diproduksi oleh buruh Cina. :D Salah satu alasan para produsen untuk memindahkan basis perakitan (produksi) mereka di Cina adalah upah buruh yang jauh lebih murah ketimbang mereka memilih untuk memproduksi di AS ataupun Eropa.

Saya masih ingat sewaktu SMA, ketika mencoba membuka case CPU branded HP (Hewlett Packard), saya menemukan bahwa mainboard/motherboardnya adalah merek FOXCONN.. Made In China. Wahhh.. barang Cina donkk? Eits.. tunggu dulu,, kita tidak bisa mengatakan seperti itu, karena walaupun komputer, gadget, ponsel kita yang merek besar seperti Samsung, HP, Sony dirakit di Cina, tentu saja kualitasnya tetap yoi-bagus (baca: sesuai dengan merek tsb) karena perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan Quality Control dan standar yang sangat ketat. Beda halnya dengan merek Cina yang kita biasa menyebutnya dengan barang Cina.hehe..

Kembali ke judul.. IPhone dari Apple diproduksi oleh Pabrik/Perusahaan yang bernama FOXCONN, salah satu perusahaan manufaktur berbagai macam elektronik, komputer maupun gadget terbesar di Cina dengan jumlah buruh yang sangat banyak dan terbesar pula yaitu sebanyak 1,2 juta pekerja. Ironisnya, kondisi lingkungan kerja para buruh perakit iPhone tersebut bisa dibilang tidak manusiawi. Saya pernah beberapa kali membaca di obengware.com pada tahun 2010 sebanyak 25 pekerja FOXCONN yang bunuh diri karena tidak tahan dengan suasana kerja dipabrik mereka.

Bayangkan saja, seluruh pekerja dilarang untuk berbicara dengan pekerja lain dan dilarang untuk beristirahat sejenak pada jam produksi/perakitan, jika mereka berbuat kesalahan seperti keterlambatan, maka mereka akan mendapat sanksi berupa pemotongan gaji sebesar 50% pada hari itu. Selain itu, ada pembatasan waktu ke toilet selama 10 menit menggunakan kartu digital yang pintar. Gaji mereka adalah $ 1,18 per jam. Merek juga mendapat isolasi sosial pada asrama/camp mereka agar produktivitas kerja mereka tetap tinggi. (KEJAM)

Menurut surat kabar China, pekerja bahkan diperas untuk kerja lembur (overtime) 80 jam sebulan. Pemerintah Cina sendiri hanya memperbolehkan jam lembur sebesar 36 jam. Mengapa fakta-fakta diatas terdengar tidak manusiawi?? ya salah satunya karena para MNC (multinasional company) memang mem-push para buruh untuk bekerja dengan produktivitas sangat tinggi untuk memenuhi jumlah produksi serta target pengiriman barang.

Seorang mantan eksekutif Apple membeberkan alasan mereka membuat iPhone di Cina. “Itu satu-satunya pilihan yang ada,” katanya. Dia menggambarkan betapa cekatannya pabrik iPhone yang dirakit oleh Foxconn di Cina. Saat hendak meluncurkan iPhone, rancangan desain layar baru kelar di detik-detik terakhir. Rancangan itu mengubah rancangan lama. Masalahnya, desain baru itu tiba di pabrik manufaktur Foxconn tengah malam.

Malam itu juga seorang manajer segera membangunkan 8.000 pekerja yang tidur di asrama Foxconn. Setiap pekerja disuguhi sekeping biskuit dan secangkit teh. Mereka lalu diberi penjelasan cara merakit iPhone selam 1,5 jam. Dua belas jam kemudian, mereka telah merampungkan pekerjaannya. Dan dalam 96 jam atau empat hari, pabrik itu telah siap memproduksi 10 ribu iPhone per hari! Dahsat!

“Tak ada pabrik di Amerika yang sanggup melakukan itu,” kata mantan petinggi Apple itu.

Sekarang, terpikirkah oleh Anda bahwa di ponsel, laptop atau TV yang Anda gunakan terdapat penderitaan para buruh yang merakitnya?? hmmmm..

Referensi: (ENGLISH)

http://www.shmula.com/celebrating-supply-chain-slavery/10024/

http://colorlines.com/archives/2011/09/the_deadly_labor_of_consumer_electronics.html

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy, IT and Computer's and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s