Kasus Mutiara Yawadwipa

Artikel ini ditulis dari beberapa berita Liputan 6.com, Kompas.com dan PDF majalah Tempo yang ditulis ulang. Berbicara mengenai kasus Bank Mutiara (dulu bernama Century) yang sempat menggegerkan banyak pihak, elum lama ini muncul kabar sebuah perusahaan yang berani membeli Bank Mutiara seharga US$ 750 juta atau sekitar Rp 6,7 triliun. Perusahaan itu bernama Yawadwipa. Yawadwipa merupakan bahasa Sanskerta yang berarti Jawa Mulia.

Yang menjadi masalah adalah nilai penawaran sebesar Rp 6,7 triliun dari Yawadwipa sebesar dianggap mencurigakan, karena nilai buku Bank Mutiara saja hanya sekitar Rp 1,5 triliun. Umumnya harga jual yang wajar biasanya hanya 2-3 kali dari nilai buku atau seki­tar Rp 4,5 triliun. Bearti tawaran Yawadwipa itu kurang lebih 4,5 X dari nilai buku!!

Belum lagi umur Yawadwipa yang bisa dianggap baru seumur jagung karena peresmian perusahaan pada 9 Januari 2012 yang lalu. Sehingga menjadi semakin mencurigakan, bisa saja dana yang disiapkan bertujuan untuk pencucian uang.

Kesehatan Mutiara saat ini (semakin) cukup baik. Screenshoot dr Majalah Tempo

Tahun lalu LPS sudah berusaha menawarkan/menjual Bank Mutiara, tapi ternyata belum berhasil karena  dari sembi­lan peminat (calon pembeli), seluruhnya dianggap tak memenuhi syarat,  karena tidak bisa diungkap siapakah the ultimate investor alias pembeli sesungguhnya.

Prinsip kredibilitas investor harus dipegang kuat. Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, dan LPS harus berhati-hati dalam penjualan kali ini. Calon investor harus jelas siapa,dari mana dan bagaimana mereka. Selain itu calon pembeli bukan pemegang saham lama atau tidak memiliki hubungan dengan keluarga dan pemegang saham lama.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy, Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s