Kesuksesan Ekonomi China (Bagian II)

menyambung dari tulisan Kesuksesan Ekonomi China (Bagian I)… baca Bagian I terlebih dahulu agar nyambung ceritanya.hehe..

Sillicon Valley China

Kita tentunya tau dengan barang elektronik Cina yang terkenal murah dan mirip dengan merek ternama. Misalnya saja hape Cina dengan berbagai merek yang muncul di Indonesia merupakan salah satu contohnya. Apakah produk elektronik Cina selalu jelek?  Belum tentu juga sebenarnya, Pernah mendengar merek ZTE dan Huawei? Mereka adalah beberapa merek asli Cina yang memiliki reputasi baik dimata dunia.

Kita masih ingat ketika beberpaa tahun lalu Google menyerah dan memilih keluar dari Cina setelah kalah dengan Baidu (mesin pcncari lo­kal buatan orang Cina). Renren dan Weibo (seperti FB dan twitter) lebih disukai oleh anak muda China. Situs Ushi.cn mengalah­kan LinkedIn. Alibaba akhirnya menggeser eBay sebagai toko belanja online. Tapi sepertinya situs-situs lokal Cina lebih diminati karena pemerintah Cina melakukan pemblokiran akses internet, jadi koneksi internet pada umumnya tidak bisa membuka situs seperti Facebook, Twitter, Youtube, dll. Hal ini dilakukan pemerintah Cina untuk menghindari penggunaan media sosial online untuk menjelekkan atau memprotes/menggalang massa melawan pemerintah.

Transportasi Cina Keren

Dalam 2 dekade terakhir Cina juga menggenjot inffrastruktur transportasi mereka. China Rail­ways Highspeed namanya. Cina memang kini memiliki kereta secepat peluru. Misalnya CRH G380 yang bearti kereta tsb mampu melaju maksimal 380 kilometer per jam. Walaupun mampu melaju hingga 380 km/h, penunjuk kecepatan yang ada ditiap kabin kereta hanya mentok 305 Km/h, ini dilakukan demi keamanan.

Cina saat ini memiliki 9.676 kilometer jalur kereta tercepat sekaligus terpanjang di du­nia. Jepang yang punya Shinkansen dan Perancis dengan TGv-nya butuh waktu lebih lama pada saat membangun jalur transportasi mereka.

Dengan target 25 ribu kilome­ter jalur baru selesai terbangun pada 2025, jaringan kereta api di Cina bakal lebih panjang diban­ding gabungan seluruh jalur ke­rata yang ada di dunia. Woww…

Militer tidak ketinggalan

Ketika Amerika saat ini harus memotong besaran anggaran belanja militer mereka, Cina malah terus menggenjot alokasi anggaran militer mereka. Ang­garan militer Cina saat ini US$ 91,5 miliar, anggaran ini mening­kat dua digit setiap tahun. Angka tersebut membuat Cina menjadi negeri dengan belanja milker terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Kelas Bawah Cina

Namun, dibalik kesuksesan dan kemakmuran yang coba saya gambarkan diatas, sebenarnya tersembunyi cerita hidup orang-orang yang tidak mampu. Misalnya saja kaum pengamen jalanan yang dalam sehari hanya mampu mendapatkan uang sebesar 30 yuan tiap hari dari hasil menyanyi atau memainkan alat musik. Lain cerita ada kuli panggul dengan penghasilan yang hampir sama 35 yuan perhari. Uang itu hanya dapat untuk bertahan hdiup makan, dan tinggal tanpa rumah tinggal, tentu saja mereka hidup dalam kemiskinan, karena harga sewa rumah kecil yang paling murah setidaknya 700 yuan per bulan, atau memilih sewa kamar sangat sempit seperti kandang seharga 150 yuan per bulan. Pemandangan ini sangat kontras dengan kaum menengah atas Cina yang mampu membeli rumah mewah seharga 7 juta yuan!!

Yang sedikit mengganjal adalah pengamen dan kuli panggul tadi termasuk penduduk kelas berada (bukan kelas miskin), karena pemerintah Cina menetapkan kelas miskin adalah orang-orang yang berpenghasil­an sebesar 1.274 yuan per tahun atau 3,5 yuan per hari!!! (US$ 0,55 per hari).

Padahal Bank Dunia memberikan acuan kelas miskin adalah penduduk yang berpen­dapatan bersih kurang dari US$ 2 per hari.

Bersambung.. ketulisan selanjutnya.. Kesuksesan Ekonomi China (Bagian III)

Referensi: Tempo Liputan Khusus Negeri Tirai Bambu, Wikipedia.EN

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s