Indonesia perlu Government Crackers (Bagian I): Joko Wi

Saat ini setiap kita menyaksikan tayangan berita ditelevisi, kita disuguhkan dengan berita politik sosial dan ekonomi yang terkadang sangat miris yang menggambarkan Indonesia penuh dengan berbagai masalah. Ketika sebuah negara telah diliputi suasana chaos (serba kacau) karena orang-orang yang berkepentingan yang memiliki kompentensi dan mengemban tanggungjawab tidak lagi melaksanakan kewajibannya (baca: pejabat pemerintah saat ini!!) Kepada siapa kita menggantungkan nasib negara kita?

Indonesia sebenarnya masih memiliki beberapa person yang memiliki karakter baik yang bisa menjadi pendobrak dan memberikan jalan keluar dari kekacauan negara kita. Mereka memiliki sifat-sifat seperti kepribadian tegas, bersih dari partai politik, orangnya santai dan sederhana, tegas pada law enforcement, berani mengambil risiko dalam kebijakan maupun keputusannya.

Yaa itulah yang saya maksud Goverment Cracker.

Joko Wi: Leadership is an action, not position

Kita mulai saja dari Joko Wi, Walikota Surakarta yang sukses menjadi pemimpin di Kota Solo sekaligus di cintai oleh warga Solo. Joko Wi sanggup merevitalisasi pasar tradisional dan para pedagangnya tanpa tindak kekerasan. Joko Wi dengan penampilan berbadan kecil ternyata memiliki ketegasan yang sudah diuji dimana ia telah merampingkan birokrasi tata pemerintahan Kota Solo. Ia membuat sistem baru dan orang-orang yang tidak ingin/rewel dengan sistem baru yang bersih tersebut dipecat oleh Joko Wi.

Sebelum menjadi AD 1 (walikota) Joko Wi merupakan pengusaha mebel sukses. Totalitas, semangat untuk kerja keras, berani dan pantang menyerah dari sikap-sikap pengusaha ia gunakan untuk memimpin kota Solo.

Walaupun kota Solo tidak kaya dengan kekayaan alam migas dll, Joko Wi mampu  mengoptimalkan kekayaan budaya kota Solo, Ia me-rebranding kota Solo menjadi Solo: The Spirit of Java. Terbukti berbagai kebijakan yang ia buat dengan mengedapankan kultur budaya dan kepentingan rakyat kecil mampu meningkatkan pendapatan asli daerah serta kesejahteraan warga kota Solo. Memang benar jika, Kota itu seperti sebauh produk, yang harus di beri Brand, selain itu sang manajer harus tau positioning dan startegi marketing yang harus diterapkan untuk membuat kota semakin maju dan warganya nyaman juga sejahtera.

Pemimpin juga harus benar-benar berpihak pada rakyat. Jangan seperti wakil rakyat DPR yang parah sekali saat ini. Joko Wi secara tegas menperketat pendirian Mal dan minimarket di Kota Solo. Dari 15 mall yang ingin berdiri hanya 1 Mall saja yang diperbolehkan dibangun, lalu dari 100an MiniMarket yang ingin berdiri hanya 12 saja yang diberi izin.

Salut!! Tentu kita akan senang apabila barang-barang yang dijual di pasar adalah produk hasil rakyat kita sendiri beras dari petani kita, kentang jagung lokal, sayur mayur daerah sendiri, yang tentunya itu akan menggerakkan roda ekonomi rakyat kecil.

Joko Wi sukses merelokasi para PKL dengan halus, yaa Joko Wi mengajak para PKL untuk berdialog dengan mengundang dan menjamu mereka makan sebanyak 54x pertemuan. Joko Wi menggunakan komunikasi langsung secara baik-baik, sehingga 900an PKL dari 11 Paguyuban mau direlokasi ketempat yang strategis sesuai dengan rencana penegmbangan wilayah wisata budaya kota Solo.

Hal ini kontras sekali dimana di daerah lain, relokasi PKL harus memakai acara gebuk-gebukan dengan Satpol PP Pamong Praja. Sedangkan di Solo, aparat Satpol PP dan armada mobilnya membantu pindahan secara tertib dan damai.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s