Krisis Eropa, Tenangnya Harga Minyak, Bengkaknya APBN 2012 dan Perlukah Indonesia Utang Lagi? Bagian SATU

heyy judul tulisan kali cukup panjang.hehe.. ya kali ini saya coba menyoroti ke-4 peristiwa yang saling terkait yang terjadi saat ini.. selamat membaca.

well, kabar kurang menarik yang datang diakhir pekan lalu adalah tertekannya ekonomi Indonesia akibat krisis eropa yang dibuktikan melemahnya IHSG bahkan bisa dibilang agak jatuh ke  level 3885, berbarengan dengan melemahnya Rupiah pada akhir pekan lalu yang akhirnya cukup tertolong dengan intervensi BI yang sedikit mengangkat Rupiah.

Sumber Kontan Daily edisi sabtu yang lalu, tekanan cukup hebat yang dialami IHSG dan Rupiah Jumat lalu akibat krisis yang melanda beberapa negara di Eropa terutama Yunani yang saat ini Ratio Utang dengan PDB-nya sudah 160%. (Kompas mengatakan pemerintah Yunani terlalu ”royal” memberikan santunan kepada para penganggur, pensiunan, dan kelompok kurang produktif pada umumnya. Kebijakan ini semula dianggap baik, tetapi lambat laun menjadi seperti ”ninabobo” yang membuat terlena kalau utang mereka sudah menumpuk)

Menurut Kompas hari ini senin 28 Mei 2012, krisis Yunani saat ini memiliki perbedaan dengan krisis Indonesia tahun 98. Bedanya antara lain:

Yunani ditalangi alias dibantu oleh negara-negara di Zona Euro, ya mendapat kucuran dana talangan sekitar 230 miliar dollar AS dalam dua kali injeksi. Sedangkan Indonesia 1998 hanya disuntik 1 miliar ollar AS setiap bulan, melalui mekanisme surat pernyataan kesanggupan (LoI) yang ribet. Dosis injeksi ini jelas terlalu kecil sehingga pemulihan ekonomi Indonesia berjalan amat lambat.

Konon, salah satu cara Yunani agar bisa lekas sembuh dari krisis ialah dengan keluar dari Zona Euro agar bisa mengelola sendiri mata uangnya. Mata uang euro saat ini (sebelumnya Euro mata uang Yunani adalah drachma) tak bisa mengalami depresiasi besar, padahal ini salah satu kebutuhan  negara yang sedang terkena krisis. Andaikan mata uang Yunani terdepresiasi, Yunani bisa meningkatkan ekspor, menekan impor, dan menikmati surplus perdagangan lebih besar, sebagai pembuka jalan menuju pemulihan ekonomi.

Itu opsi pertama, opsi ke-dua adalah tetap di zona Euro dan menanti uluran tangan negara di zona Euro . Hal ini bisa mengakibatkan negara-negara seperti Jerman dan Prancis berpotensi terjangkiti krisis karena harus ikut membantu Yunani, Portugal, Spanyol, dan Irlandia yang sedang bermasalah.

Perbedaan antara krisis Yunani dan Indonesia adalah rasio utang-nya. Saat rasio utang : PDB Yunani sudah 160%. Sedangkan Indonesia waktu 98 dulu memiliki rasio utang terhadap produk domestik bruto masih di bawah 100 persen.

Ngomong-ngomong Rasio Utang. Sempat ada brita bahwa utang Indonesia sudah mengkhawatirkan karena sudah mencapai Rp 1903 Triliun hingga saat ini (Mei 2012). Apakah sebegitu parahkah predikat ngutang Indonesia???

Tunggu dulu, jangan beburuk sangka. Kita mesti melihat PDB Indonesia saat ini. Produk Domestik Bruto (PDB) kurang lebih Rp 7.500 triliun. JADI, rasio utang pemerintah terhadap PDB hanya 25 persen, hal ini masih jauh di bawah  Yunani (rasio utangnya 160 %). Jadi sebenarnya, masih aman lah.. Apalagi ditambah cadangan devisa kita saat ini yang masih ada 110 miliar dollar AS. Oya, langkah BI akhir2 ini melakukan intervensi/menggelontorkan dolar untuk mengangkat rupiah sedikit mengurangi cadangan devisa yang kita miliki. Namun, dari detik.com Dharmin Nasution Gubernur BI kita berusaha pertahankan diatas 110 miliar dollar AS.

lanjut baca di BAGIAN DUA

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s