Kelebihan dan Kelemahan Memilih LCD, LED atau Plasma TV

Ada produk yang menarik yang sering saya cermati saat membaca Kompas Sabtu dan Minggu ataupun Katalog belanja Carrefour, yakni bagian LCD atau LED TV :D Yah bisa dibilang menarik karena saat ini kita sudah bisa membawa pulang TV LCD ukuran 32 in dengan harga kurang dari 3 juta rupiah. Harga yang bisa dibilang murah dibandingkan awal-awal trend LCD TV hadir. Dan kali ini saya menulis Kelebihan dan Kelemahan Memilih LCD, LED atau Plasma TV yang saya baca dan ambilkan dari PC Media Edisi Agustus 2012. Selamat Membaca..

LCD TV

LCD atau Liquid Crystal Display adalah jenis media tampilan yang menggunakan kristal  liquid sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang, misalnya pada alat-alat elektronik,televisi, kalkulator, jam digital, microwave, atau layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis display dibanding teknologi sebelumnya yang menggunakan CRT. Alasannya, LCD menawarkan beberapa kelebihan dari segi bentuk yang lebih tipis, mengeluarkan sedikit panas, memiliki resolusi tinggi, dan mengonsumsi daya yang lebih rendah.

LCD, sesuai dengan namanya, tersusun dari kristal liquid yang bisa dikatakan memiliki sifat sebagai benda solid maupun benda cair (liquid). Bagaimana bisa sebuah material dapat memiliki kedua sifat solid dan liquid? Seperti yang kita ketahui, terdapat tiga sifat material umum yaitu padat (solid), cair (liquid), dan gas. Suatu benda dikatakan solid jika materi penyusunnya memiliki daya ikatantarmateri yang tinggi sehingga dapat mempertahankan bentuk.

Pada dasarnya, LCD TV di pasaran saat ini bekerja dengan memproduksi gambar hitam dan berwarna dengan melakukan seleksi cahaya yang dipancarkan oleh serangkaian lampu teknologi CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamps) di belakang layar. Rangkaian lampu tersebut akan menghasilkan cahaya putih yang kemudian dilewatkan pada layer-layer elemen LCD seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Cahaya putih tersebut akan terpolarisasi kemudian melewati kristal liquid dan i  l-ter warna yang akan melewatkan warna Red, Green, dan Blue (RGB). Perlu diketahui, pada setiap piksel, sudah tersedia elemen RGB. Dengan begitu, setiap piksel dapat menghasilkan warna baru dengan kombinasi RGB dan besar intensitas cahaya yang diberikan.

Keunggulan LCD TV

[1]  Menghasilkan warna yang lebih realistis;

[1]  Dengan teknologi  anti-glare (tanpa bayangan );

[1]  Tersedia mulai ukuran kecil hingga besar;

[1]  Tidak ada pancaran radiasi;

[1]  Dapat digunakan sebagai monitor komputer;

[1]  Kebutuhan sumber daya listrik yang lebih rendah dibanding plasma.

Kelemahan LCD TV

[1]  Kualitas gambar akan menurun apa-bila dilihat pada sudut pandang yang lebar;

[1]  Refresh Rate dan Response Time yang jauh lebih rendah dibandingkan plasma sehingga terkadang meng-hasilkan gambar yang kabur.

LED

LED TV, atau yang biasa disebut LED-backlit LCD TV, menggunakan teknologi  LED  backlighting bukan

teknologi CCFL seperti yang digunakan televisi LCD konvensional. Penggunaan LED backlight memiliki dampak dramatis, seperti panel yang digunakan lebih tipis, lebih hemat dalam konsumsi listrik dan panas, serta tampilan gambar yang lebih cerah dengan tingkat kontras yang lebih baik.Pada dasarnya, LED TV merupakan pengembangan dari LCD TV tetapi pada jenis ini digunakan LED backlit sebagai pengganti cahaya  luorescent yang digunakan pada jenis LCD TV sebelumnya. Terdapat dua macam bentuk LED TV yang beredar di pasaran: RGB LED d engan LED yang diletakkan di belakang panel layar dan EDGE-LED yang LED-nya diletakkan di sekeliling layar

Kelebihan LED TV

[1]  Memiliki tingkat contrast yang jauh lebih tinggi dibandingkan LCD TV, setara atau bahkan lebih tinggi daripada plasma TV;

[1]  Lebih ramah lingkungan;

[1]  Mengonsumsi listrik yang lebih rendah sekitar 50 sampai 70% dibandingkan LCD TV konvensional;

[1]  Berbagai produk LED TV dari   vendor terkenal menawarkan fitur pemrosesan gambar digital, i  tur Digital TV Tuner, dan berbagai fitur terbaru lainnya.

Kelemahan LED TV

[1]  Harga cenderung lebih mahal. Untuk ukuran yang sama, harga LED TV termurah mencapai sekitar 1,5 kali lipat lebih mahal dibandingkan LCD TV konvensional.

Plasma TV

Plasma Display Panel (PDP) atau di Indonesia banyak dikenal sebagai plasma TV merupakan teknologi TV layar datar yang memungkinkan produsen untuk memproduksi TV layar datar ukuran besar secara massal dengan harga yang ekonomis.Istilah PDP sendiri berasal dari penggunaan sel plasma, yang merupakan lampu l uorescent, sebagai dasar pencahayaan layar televisi tersebut. Sebuah plasma TV memanfaatkan jutaan sel plasma yang diletakkan di antara dua panel layar kaca. Setiap sel berisi kombinasi antara gas  noble dan sejumlah kecil merkuri yang akan diuapkan dan diberi aliran listrik sehingga ber  pendar dan membentuk plasma. Warna dihasilkan dari fosfor yang terdapat di dalam sel tersebut. Dalam setiap sel terdapat fosfor tiga jenis warna utama, yaitu Red, Green, dan Blue (RGB). Perbedaan tegangan listrik yang diberikan pada setiap sel juga menghasilkan kombinasi warna yang ada.

Keunggulan Plasma TV

[1]  Menghasilkan warna hitam yang lebih baik dari LCD TV;

[1]  Contrast ratio yang tinggi (1:2.000.000);

[1]  Sudut pandang lebih lebih lebar;

[1]  Refresh Rate dan Response Time yang cepat, meminimalisasi tampilan gambar kabur

Kelemahan Plasma TV

[1]  Gambar diam yang ditampilkan dalam waktu yang lama akan m enimbulkan burn-in dan gambar berbayang;

[1]  Kualitas gambar akan terus menurun seiring dengan lamanya penggunaan meskipun terjadi dalam jangka waktu yang relatif lama;

[1]  Menggunakan daya listrik yang lebih besar dibandingkan dengan LCD TV;

[1]  Ukuran umumnya tidak tersedia di bawah 42 inci.

 PERTIMBANGAN DALAM MEMILIH  LCD, LED atau Plasma TV

1. Contrast Ratio

Contrast ratio adalah kemampuan TV untuk menunjukkan daerah kontras tinggi pada layar. Daerah kontras tinggi adalah warna hitam dan putih pada gambar. Jika TV memiliki contrast ratio yang baik, hal itu menunjukkan perbedaan antara daerah gelap dan terang layar sangat baik. Untuk pengujiancontrast ratio TV, digunakan adegan-adegan dalam gelap untuk membedakan warna hitam diperlukan.

2. Viewing Angle

Viewing angle merupakan sudut gambar di TV yang dapat dilihat. Plasma TV memiliki kemampuan yang baik pada parameter viewing angle ini dibandingkan kedua kompetitornya. Namun demikian, munculnya IPS panel (In-Plane Switching) membuat LCD dengan tipe ini mampu bersaing dengan teknologi yang diusung LED maupun plasma.

3. Power Consumption

Plasma TV mengonsumsi lebih banyak daya daripada LCD TV karena setiap sub-piksel di layar harus dinyalakan. Sebaliknya, TV LCD memerlukan sedikit daya untuk backlit. Dalam pengujian ini, LED TV lebih unggul karena lampu LED belakang memiliki konsumsi daya yang lebih ei sien. Dalam hal ini, terdapat poin yang harus digarisbawahi, yaitu konten yang digunakan. Plasma memang memberikan daya yang cukup besar jika konten fi lm yang dimainkan penuh dengan variasi warna. Namun, hal tersebut akan berbanding terbalik jika konten yang dimainkan adalah film dengan dominasi warna gelap seperti fi lm tentang luar angkasa. Alasannya, sel plasma akan mati untuk menghasilkan warna gelap (pure black) sehingga dapat lebih menghemat energi.

4. Life Span

Faktor life span atau umur merupakan momok yang buruk bagi jenis Plasma TV. Kualitas dankecerahan layar plasma akan berefek pada life span yang singkat. Hal lain yang perlu dipertimbangkan selain umur adalah burn-in. Plasma TV memiliki beberapa masalah karena me-miliki potensi burn-in yang lebih besar pada layarnya.

5. Price

Secara umum, LED TV dan plasma TV menawarkan kualitas gambar yang lebih baik jika dibandingkan dengan LCD TV, khususnya untuk contrast gambar serta kesempurnaan warna hitam. Meskipun begitu, ketiga panel tersebut menawarkan kelebihan masing-masing sesuai dengan harga yang ditawarkannya. Jenis LED saat ini mungkin menjadi pilihan yang paling diminati mengingat harga dan kemampuan yang dimilikinya[1]

http://en.wikipedia.org/wiki/Backlight

[1] http://en.wikipedia.org/wiki/Cold_cathode

[1] http://en.wikipedia.org/wiki/TFT_LCD

[1] http://electronics.howstuffworks.com/lcd.htm

About these ads

Tentang vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s