Kandungan Gizi Kikil Sapi, Ceker Ayam, Kalsium dan Osteoporosis

PENGANTAR: setelah mencoba googling kesana kemari, akhirnya ditulislah artikel kesehatan kali ini…  Sebenarnya memang Saya sedang mencari kandungan gizi kikil Sapi,  apakah mengandung kalsium dan zat-zat lain yang baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis?? Kalau ceker ayam, tentu sebagian besar dari kita telah mengetahui ceker ayam  memang bagus untuk pertumbuhan anak, karena kandungan gizinya yang bisa dibilang sangat baik..

Berikut ulasannya yang diambil dari berbagai sumber.

Osteoporosis atau keropos tulang adalah penyakit tulang rapuh, mudah retak, dan patah. Keropos tulang biasanya tidak menimbulkan gejala, prosesnya berlangsung tanpa disadari.

Anda baru akan menyadari saat terjadi tulang patah akibat jatuh, tarikat yang kuat, atau timbulnya rasa sakit yang hebat karena tulang retak atau patah. Tulang yang paling sering patah adalah pergelangan tangan, tulang belakang, dan tulang pinggang.

Meskipun osteoporosis itu degeratif dan normalnya baru muncul setelah orang berusia di atas 45 tahun, tetapi penyakit ini bisa menyerang kaum muda yang gaya hidupnya cenderung tak sehat, seperti kebiasaan merokok, malas berolah raga, minum kopi dalam dosis berlebihan, dan juga mengkonsumsi minuman keras.

Selama ini banyak orang mengetahui kalsium adalah obat dari penyakit satu ini. Padahal kalsium hanya memperkuat tulang bagian luar saja, sedangkan yang penting kita nutrisi adalah tulang bagian dalam.

Tulang bagian dalam akan menghasilkan zat yang bernama zat hydroxyapatite yang kelak akan memperkuat tulang bagian luar. Adapun zat ini berkomponen sama dengan tulang dan lapisan keras mamalia.

Seperti yang dikutip dari bl-health, hydroxyapatite adalah makanan untuk tulang yang berasal dari tulang binatang. Secara logika, memang makanan yang tepat untuk tulang adalah tulang.

Ceker Ayam

salah satu makanan yang banyak mengandung zat ini adalah kaki ayam atau ceker. Bukti: Tanpa disadari ceker ayam banyak mengandung protein yang membantu merawat kulit, otot, tulang, dan kolagen. Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening berwarna kekuning-kuningan. Jika terkena panas, kolagen akan mencair jadi agak kental seperti lem. Susunan utama pada ceker ayam adalah asam amino, yaitu komponen dasar protein. Dalam asam amino sendiri terdapat glisin-prolin, hidroksiprolin-agrinis-glisin. Ceker ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral. http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1311552/konsumsi-ceker-ayam-cegah-osteoporosis

Kalsium memang mempunyai andil besar membangun dan mempertahankan kekuatan tulang, termasuk membantu mengatur detak jantung, pertumbuhan otot, dan mencegah pengumpatan darah.

Selain itu, tubuh juga akan mencari cadangan kalsium yang dibutuhkan tulang. Hal inilah yang menyebabkan tulang kehilangan kepadatan dan kekuatannya, sehingga mudah retak, bahkan patah.

Nahhh… Bagaimana dengan Kikil Sapi???

Kebanyakan orang akan berfikir dua kali sebelum menyantap kikil. Anggapan bahwa daging kikil berlemak dan banyak mengandung kolesterol, menyebabkan orang enggan mengonsumsinya. Padahal kikil ternyata memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Hal ini dibenarkan Umar Shaichan, Executive Chef Hotel Santika Pandegiling Surabaya.“Kikil memang berlemak, tapi bukan kolesterol tinggi. Justru banyak kandungan gizi pada kikil, kaya protein dan kalsium,” tutur Umar.

Kikil kaya akan berbagai macam gizi yang terdapat di sekitar daging lutut sapi. Misalkan saja kangdungan protein pada kikil dan kulit sebesar 82,91%, sedangkan kandungan lemak sekitar 3,84% per 100 g.  (http://food.detik.com/bla.bla.bla.lupa)

Penutup: Ternyata kikil sapi pun mengandung gizi yang baik sama seperti ceker ayam.. Tapi jangan lantas makan kikil sapi secara berlebihan karena bisa menyebabkan kandungan kolestrol jahat yang tinggi dalam darah yang tidak baik untuk kesehatan –> LDL ( LOw Density Lipoprotein ) yang dalam jangka panjang bisa memicu akhirnya akan menimbulkan penyakit jantung dan stroke….

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Healthy Life, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s