Tips Isi Bensin SPBU Pertamina itu HOAX!!

Belakangan ini dikaskus maupun dari Broadcast Messages yang saya dapat, beredar mitos seputar pengisian bensin di SPBU Pertamina.. Nah, malam ini saya baca tulisan dari PT.PERTAMINA Official Twitter Account yang membahas mitos dan fakta pengisian bensin di SPBU Pertamina, berikut saya tulis disini…

@PTPERTAMINA  

http://www.pertamina.com/

Hoax Tips Isi Bensin SPBU Pertamina
by PT. Pertamina on Tuesday, October 30, 2012 at 10:45am ·
1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 /(Angka Kedua 1)
HOAX:
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1)ternyata paling baik(kualitas bensin) dibanding dengan yang kode 34.
coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya .jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya
Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut,,,di pom bensin kode 31(Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi..ini udah saya buktikan sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1)dan pom bensin 34..bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis)..

Penjelasannya:
Produk BBM yang diterima oleh setiap SPBU Pertamina berasal dari depot yang sama, dikirim dengan menggunakan mobil tangki dari perusahaan yang sama, dan di SPBU menggunakan peralatan pompa dispenser yang sama sehingga kualitas produknya pun akan sama.
Jika kita lihat, SPBU dengan kode 31 umumnya tersedia fasilitas seperti mini market, ATM, Musholla, Café, dll lebih komplit sehingga terlihat lebih ramai sehingga yang perlu dicermati adalah logo PASTI PAS-nya. Konsumen dapat melaporkan ke call center Pertamina 500-000 (sesuai kode area) atau pcc@pertamina.com apabila ada SPBU yang tidak melayani dengan baik, terlepas SPBU itu berkode 31 atau pun lainnya.
Pertamina bersama Badan Metrologi juga secara rutin memeriksa keakuratan kuantitas BBM yang dijual di SPBU tanpa membedakan jenis kepemilikan atau nomor SPBU-nya. Selain itu, aparat kepolisian secara intensif juga ikut mengawasi kegiatan operasional SPBU, sehingga setiap SPBU tentunya akan memastikan kualitas dan kuantitas BBMnya sesuai dengan standar yang berlaku. Khusus untuk SPBU Pasti Pas, Auditor Independent secara berkala melakukan inspeksi mendadak untuk ikut memeriksa kualitas maupun kuantitas BBM sesuai dengan standar. Sehingga kualitas maupun kuantitas BBM di SPBU Pasti Pas tentunya akan sama.

2. TUAS HANDLE SELANG DITEKAN-TEKAN OPERATOR SEHINGGA BENSIN LEBIH SEDIKIT
HOAX:
Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti pernah lah nemuinnya…kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin dengan tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya.

Penjelasannya :
Coba amati bagian dalam ujung handle selang di SPBU. Handle selang BBM saat ini sudah dilengkapi dengan katup sensor yang secara otomatis akan melepas tuas handle apabila BBM di dalam kendaraan sudah terisi penuh dan menyentuh ujung nozzle. Sehingga menekan-nekan tuas handle selang tidak berpengaruh terhadap jumlah angka liter BBM yang dikeluarkan, apabila pelanggan merasa takaran SPBU tidak sesuai, pelanggan dapat melaporkan hal tersebut ke pcc@pertamina.com agar bisa dilakukan inspeksi/pengecekan oleh petugas yang berwenang.

3. ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
HOAX:
Hal ini mengingat bahwa semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin temperatur maka semakin padat berat jenis bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi secara teori apabila Anda mengisi bahan bakar saat siang dengan suhu udara panas, bahan bakar yang diisikan ke dalam tangki kendaraan berat jenisnya lebih sedikit.
Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur jenis bahan bakar bensin, diesel dan hingga ethanol jika terjadi kenaikan suhu 1 derajat saja akan sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tentu tidak mau memberikan kompensasi karena perubahan temperatur tentunya.

Penjelasannya :
Penyimpanan tangki BBM di dalam tanah bukan untuk memadatkan bahan bakar melainkan bertujuan untuk mengurangi resiko kebakaran dan mengurangi penguapan BBM. Sama seperti halnya cairan lainnya, bahan bakar dapat menguap pada kondisi panas. Bahkan penguapannya lebih cepat dibandingkan air. Berbeda dengan bahan metal yang dapat mengembang dan kemudian kembali ke bentuk semula. Perubahan temperatur hanya akan merubah berat jenis (densitas) BBM dan kemudian akan kembali pada saat temperature kembali seperti semula. Sehingga, pengisian BBM pada pada pagi hari maupun siang hari tidak mempengaruhi volume BBM yang dikeluarkan dari SPBU.

4. ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
HOAX:
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.

Penjelasannya:
Poin yang ini memang ada benarnya, yaitu agar kita tidak menunda-nunda dalam mengisi bensin karena semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit ruang kosong untuk penguapan BBM dan penguapan dapat dikurangi. Namun hal yang tidak diketahui adalah bahwa di SPBU ada alat yang cukup canggih yaitu system vapor recovery yang dapat mengembalikan uap yang mengalir ke dalam tangki BBM sehingga penguapannya dapat dikurangi. Untuk kepentingan konsumen, sistem pompa dispenser di SPBU sudah dilengkapi dengan flow meter yang berfungsi untuk memastikan volume bahan bakar yang keluar dari selang sesuai dengan angka penunjuk liter agar kuantitas BBM pun menjadi terjaga. Sehingga janganlah menunda-nunda mengisi BBM hingga tanki kendaraan sampai hampir kosong.

5.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN

HOAX:
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.

Penjelasannya:
Standar pompa dispenser untuk Tangki Timbun SPBU telah dilengkapi dengan saringan bahan bakar (fuel filter) yang bentuknya seperti saringan oli (oil filter) di mobil. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran dan menjaga bahan bakar yang keluar dari selang selalu dalam keadaan bersih. Secara prosedur petugas SPBU juga akan mengarahkan pelanggan untuk mengisi pada Dispenser yang tidak sedang diisi BBM dari Truk Tanki, agar jumlah BBM yang diterima SPBU dari Truk Tanki memiliki perhitungan yang akurat. Di SPBU terdapat beberapa tangki timbun untuk masing-masing dispenser sehingga tidak berpengaruh terhadap tangki yang lain. Kalo kita pernah melihat mesin ATM diisi pasti kita menunggu petugasnya selesai mengisi ATM tersebut dahulu bukan? kita diarahkan menggunakan ATM lain atau menunggu hingga selesai. Analogi tersebut kurang lebih hampir sama dengan proses bongkar muat BBM di SPBU.

About these ads

Tentang vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s