BUMN dan Perusahaan Lokal mulai Go International, Gantian Ekspansi ke negara lain dong!

Kali ini saya mau menulis tulisan singkat agak serius dan cukup menarik yakni tentang ramainya perusahaan lokal seperti BUMN kita dan perusahaan swasta anak negeri yang mencoba peruntungan dengan ekspansi keluar negeri.

Wow!!?? Ya bisa dibilang wow. Karena tentu ini kemajuan bagi corporate lokal untuk bisa bersaing di pasar luar negeri. Jangan terus menerus negeri kita yang kita cintai ini dibanjiri oleh produk asing yang sudah menduduki dan merajai dipasaran Indonesia. Perusahaan Indonesia harus bisa ‘serang balik’ dengan ekspansi ke berbagai negara. J

Alasan beberapa perusahaan di Indonesia memperluas usaha ke luar negeri , Ada yang bertujuan menjaga kelangsungan bahan baku, meluaskan pasar mencari pasaran baru untuk produk mereka, atau mendongkrak daya saing sekaligus meningkatkan kepercayaan investor.

Sebagai contoh,

  1. PT Indofood Sukses Makmur Tbk melalui anak Indofood Agri Resources Ltd berencana ekspansi ke Brasil
  2.  PT Semen Indonesia Tbk (sebelumnya nama Semen Gresik. Kini bernama Semen Indonesia untuk memperkokoh 3 pabrik semen padang, Semen Gresik dan Semen Tonasa) mengakuisisi perusahaan Vietnam, Thang Long Cement Joint Stock Company. PT Se -men Indonesia Tbk (SMGR) meng-akuisisi perusahaan Vietnam, Thang Long Cement Joint Stock Company, dengan nilai US$157 juta untuk pengambilalihan 70% saham Thang Long dari Geleximco
  3. di sektor telekomunikasi, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menggarap layanan seluler di Timor Leste melalui anak usahanya, PT Telekomunikasi Indonesia International.
  4. PT Wijaya Karya Tbk yang bergerak di bidang konstruksi mengerjakan proyek perumahan di Aljazair dan siap membangun pabrik beton di Irak, sementara PT Timah Tbk melirik Myanmar untuk eksplorasi timah.
  5. Baru-baru ini, melalui skema Indonesia Incorporated, Pertamina dan beberapa BUMN juga mengincar proyek-proyek besar di Irak dan Timur Tengah.

Untitled

Masih ada sederet daftar perusahaan Indonesia yang berupaya melebarkan sayap ke luar negeri baik dengan akuisisi, membangun unit usaha baru, kerja sama dengan mitra lokal setempat, maupun cara kreatif lainnya.

So, jangan mau kita selalu dibanjiri produk dan investasi asing yang sekan ‘menyerbu’ Indonesia. Sudah saat’a kita untuk gantian ‘ekspansi’ ke negara mereka dengan produk-produk unggulan kita.

Tulisan terinspirasi setelah baca BISNIS INDONESIA. 29-30Januari 2013

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s