Keren! Lion Air Borong 400 Pesawat Baru

Saya sempat sangat memfavoritkan Tony Fernandez founder dan CEO AirAsia. Ya beliau sukses membawa AirAsia terbang tinggi dengan sangat sukses hingga saat ini. Tapi ternyata, sekarang saya melirik maskapai nasional yakni Lion Air. Gerak-gerik Lion Air saat ini semakin menyakinkan untuk menjadi maskapai LCC kelas dunia.

 Bagaimana tidak? LionAir dalam 2 tahun terakhir sudah memborong sekitar 400 pesawat baru untuk armada’a hingga 10 tahun kedepan. Jumlah pesanan yang sangat besar tentunya untuk Boeing dan Airbus.hehe

 Bagaimana Boeing dan Airbus tidak senang, setelah memborong 230 unit pesawat Boeing pada 2 tahun lalu, maskapai penerbangan nasional Lion Air kini memborong 234 pesawat Airbus dengan nilai kontrak US$24 miliar.  (BisnisIndonesia 20032013)

 Sebuah pembelian dengan angka fantastis dan terbesar sepanjang sejarah. Penandatanganan itu dilakukan oleh CEO Grup Lion Rusdi Kirana dan Presiden & CEO Airbus Fab rice Bregier serta disaksikan oleh Presiden Prancis Francois Hollande di Istana Presiden Prancis, Elysee Palais, Senin (18/3).

 Indonesia disebut sebagai pahlawan bagi negara lain tercermin dari pernyataan Hollande bahwa kontrak antara Airbus dan Lion Air merupakan bukti nyata kerja sama ekonomi yang erat antara Indonesia dan Prancis. “Indonesia merupakan salah satu negara dengan perekonomian yang kuat di Asia dengan pertumbuhan ekonomi di atas 6%,” ujarnya saat memberikan sambutan.

 Industri penerbangan dunia melihat Indonesia sebagai potensi pasar yang sangat besar. Selain pertumbuhan penumpang seiring dengan meningkatnya penduduk dengan ditopang pertumbuhan ekonomi yang baik, Indonesia juga akan menjadi pahlawan bagi negara produsen perakit pesawat seperti Boeing dan Airbus.

 Presiden Prancis itu menekankan bahwa kontrak pengadaan 234 pesawat itu memberikan peluang 5.000 pekerjaan bagi Airbus untuk 10 tahun mendatang. Nah, bayangkan di tengah kesulitan yang membesut negaranya dan kawasan Eropa pada umumnya, Indonesia datang dengan berbelanja sebesar itu. Maklum, permintaan pesanan dari Eropa dan Amerika begitu lemah akibat turunnya perekonomian mereka. Dia terus terang mengakui bahwa perusahaan Indonesia memberikan sumbangan yang berharga bagi penyehatan finansial Eropa secara tidak langsung.

 Armada yang diborong Lion adalah seri A320neo (sebanyak 109 unit), A320ceo (60 unit), dan A321neo (65 unit). Gebrakan sebelumnya dari Lion Air adalah membeli 230 unit pesawat Boeing pada November 2011 senilai US$21,7 miliar. Sebanyak 201 unit di antaranya tipe B-737 MAX dan 29 unit Next Generation 737-900 Ers. Perjanjian itu memung kinkan Lion menambah pesanan 150 pesawat atau senilai US$14 miliar.

 Perusahaan penerbangan nasional boleh berbangga diri. (boleh tepuk tangan) Dibandingkan dengan industri penerbangan di dunia. Di tengah gejolak ekonomi Eropa dan Amerika yang belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan serta naiknya harga bahan bakar menjadi tantangan berat yang harus dihadapi industri penerbangan dunia. Alih-alih bisa membeli pesawat baru dan memperluas layanan, bisa mempertahankan usahanya saja sudah bagus. Mereka harus melakukan penghematan besar-besaran.

Ternyata disaat maskapai di Amerika dan Eropa sedang kempis, maskpai nasional kita masih bisa terbang tinggi. Semoga kedepan Lion AIr bisa mengikuti suksesnya Air Asia yang sama-sama bermain di LCC (Low Cost Carrier).

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s