BALSEM Politik untuk Atasi Masalah BBM Bersubsidi

Apakah dengan membagi-bagi uang dalam bentuk santunan tunai kepada rakyat miskin sebagai antisipasi kenaikan harga minyak nasional persoalan krisis bahan bakar minyak (BBM) selesai?

Jawabannya tidak. Sebab, memang tak ada korelasi antara tingkat kebutuhan BBM rakyat dengan dana segar sebesar Rp150.000 yang dibagi-bagi setiap 3 bulan kepada rakyat miskin bakalmengurangi tingkat penggunaan BBM.

Bagi-bagi uang kepada rakyat miskin yang pada era sekarang diistilahkan dengan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) -saya lebih suka menyebut dengan BALSEM- hanya bermanfaat mendongkrak daya beli rakyat ketika harga BBM naik.

Sudah pasti atau bisa disebut hukum alam kalau harga BBM naik akan diiringi dengan kenaikan harga barang. Harga BBM menyentuh langsung harga kebutuhan rakyat, untuk transportasi dan kegiatan produksi. Juga, dampak inflasinya menyebabkan harga-harga komoditas tak terkendali.

Dengan membagi-bagi uang tunai pemerintah beranggapan daya beli rakyat miskin terbantu.Dalam kondisi yang serba dilematis seperti sekarang, kebijakan tersebut bukanlah salah, sebenarnya tidak salah, walaupun tak sepenuhnya benar.

Upaya BALSEM memang sedikit membantu warga miskin tapi sebenarnya tidak mendidik rakyat tidak mampu tersebut. Ibarat memberi ikan, bukan memberi kail untuk memancing. Akan lebih baik jika pemerintah lebih mengupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan sarana infrastruktur dan pelayanan terhadap masyarakat dari sektor kesehatan, pendidikan dan transportasi. Namun pada akhirnya sudah menjadi hal umum bahwa penetapan kebijakan bersubsidi di Indonesia lebih kearah kebijakan politik ketimbang kebijakan yang berpihak pada rakyat.😦

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s