Mengapa memilih maskapai LCC?

Saat ini semakin banyak masyarakat yang menggunakan maskapai penerbangan berbiaya murah. Penumpang yang dulunya mengandalkan moda transportasi bis dan kereta api beralih ke pesawat berbiaya murah. Bagaimana mereka tidak pindah, bila harga tiket kereta api hampir sama dengan harga tiket pesawat.

Tidak percaya? Misalnya saja coba kita bandingkan, tiket pesawat terbang Jakarta-Semarang pada 14 Mei 2013 untuk maskapai penerbangan Lion Air dan Air Asia masing-masing dipatok Rp395.000 dan Rp318.000 dengan waktu tempuh 1 jam. Bandingkan dengan tiket kereta api Sembrani seharga Rp230.000-Rp280.000 dengan waktu tempuh 6,5 jam. Bagaimana dengan bus? Harga tiket berkisar Rp110.000-Rp170.000 dengan waktu tempuh 10 jam.

Selisih harga tiket yang tidak terlalu jauh dengan waktu tempuh yang berbeda jauh tentunya akan membuat sebagian besar penumpang memilih perjalanan dengan pesawat.

Seperti yang pernah saya tweet beberapa waktu lalu.
@riyadi_three: Makin makmur masyarakat, kecenderungan untuk menggunakan moda transportasi yang lebih baik itu akan lebih tinggi.

Keunggulan yang dimiliki maskapai LCC yakni penerbangan dengan tiket murah tentu semakin laris karena saat ini masyarakat middle income di Indonesia terus meningkat. Ya tentunya pilihan menggunakan maskapai full service, LCC, atau moda transportasi kereta api kembali ke konsumen. Konsumenlah yang menyeleksinya.

Jadi pilih yang mana?

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s