Harus Tegas soal Buah Impor China

Sepetinya menarik juga menulis tentang aksi Cina yang seakan membalas aksi pemerintah Indonesia yang memperketat impor buah dari Cina. Selamat membaca.

Cina seakan balas dendam tak mau rugi, setelah pemerintah Negeri Tirai Bambu itu melarang masuknya buah-buahan dari Indonesia, seperti manggis, salak, alpokat dan sarang burung walet. Secara resmi pemerintah Cina bilang buah dari Indonesia mengandung logam berat dan organisme penganggu tanaman. Cina mengharapkan agar Indonesia dapat menyelesaikan pembuktian apakah ada logam berat dan penyakit yang terkandung dalam buah asal Indonesia.

Sikap pemerintah Cina terlihat terlalu emosional seperti layaknya hendak membalas larangan masuk buah impor yang diterapkan Indonesia beberapa waktu lalu. Sebenarnya Cina tidak perlu mengambil kebijakan pelarangan yang justru menjadi boomerang bagi Cina sendiri karena volume ekspor buah mereka di Indonesia mencapai sekitar Rp 18 triliun per tahun, sebaliknya, ekspor buah Indonesia ke Tiongkok hanya hanya bernilai ratusan miliar rupiah. Tidak sebanding.

Strategi lain yang dilakukan Tiongkok untuk menembus larangan adalah dengan mencoba melobi pemerintah Indonesia untuk menandatangani Mutual Recognition Agreement (MRA). MRA adalah Moderated Regression Analysis duh! Itu MRA skripsi saya.😀 MRA disini adalah standar satu negara yang dapat diakui negara lain mengenai kualitas. Indonesia tidak boleh lembek menghadapi ancaman Tiongkok.

Pemerintah Indonesia harus bersikap lebih keras lagi untuk menunjukkan kepada Cina bahwa negeri kita tidak lemah dan punya kepentingan juga. Salah satunya dengan menolak impor buah dari Cina agar mereka bisa berpikir dua kali. Jadi tidak ada alasan kembali bagi Cina untuk menolak lagi buah dari Indonesia.

Hal tersebut harus dilakukan untuk mendukung dan menyelamatkan petani buah lokal. Kurangi/perketat impor buah. Konsumsi buah lokal.🙂

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s