Kasus Lurah Susan: Mari Hindari Sikap Intoleransi

Penolakan sebagian warga terhadap Lurah Susan adalah sebuah bentuk intoleransi dan diskriminasi atas dasar jenis kelamin dan agama. Susan berhasil menjadi lurah setelah lolos dalam proses “lelang jabatan lurah” secara terbuka yang diterapkan  Jokowi-Ahok. Akan tetapi, sang lurah secara tiba-tiba didemo dan mendapatkan berbagai tekanan yang dilakukan oleh sekelompok orang tertentu. 

kelompok masyarakat yang menolak seorang pemimpin hanya karena pemimpin tersebut berbeda keyakinan dengan dirinya, itu berarti mereka belum memahami bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk menduduki jabatan tertentu tanpa diskriminasi SARA.

Kita harusmemberikan apresiasi tinggi kepada Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahja Purnama yang membela mati-matian posisi Lurah Susan. Kedua pemimpin ini bersikap tegas: takkan memenuhi tuntutan sekelompok masyarakat setempat untuk memindahkan Lurah Susan dari Lenteng Agung ke tempat lain. Jokowi juga dengan tegas mengatakan tidak akan menuruti saran Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang meminta dirinya mengevaluasi Lurah Susan saat ini. Mendagri Gamawan malah meminta kebijaksanaan Jokowi untuk menempatkan lurah sesuai dengan kultur dan budaya daerah. Sangat disayangkan, Mendagri kita Gamawan Fauzi ternyata malah mendukung intoleransi.

Indonesia dibangun di atas fondasi keanekaragaman budaya, suku bangsa, dan agama. Hal tersebut sudah ditanamkan oleh seluruh pendiri bangsa. Tak ada alasan seorang pemimpin ditolak hanya karena keyakinan atau agama yang dianutnya berbeda dengan keyakinan atau agama mayoritas. Seorang pemimpin itu baru boleh ditolak, bahkan jika perlu didorong untuk diberhentikan jika dia terlibat pelanggaran hukum, bukan karena alasan SARA.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s