Indonesia Butuh Banyak Jokowi Lainnya

Fenomena Jokowi menggebrak panggung partai politik: mereka semestinya jeli mendeteksi calon presiden idaman masyarakat. Kegagalan ini membuat hampir semua partai panik menyikapi elektabilitas Jokowi yang meroket. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sampai awal tahun ini  belum bisa memutuskan apakah akan mencalonkan Jokowi pada pemilihan presiden 2014 atau tidak.

Mantan Wali Kota Surakarta itu sebelumnya tidak diperhitungkan dalam pertarungan politik nasional. Ketika maju dalam pemilihan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota, ia sempat hanya dipandang sebelah mata. Tapii… Ternyata Jokowi tak bisa diremehkan. Setelah memenangi pemilihan Gubernur Jakarta pada Juli 2012, pamornya terus meroket. Popularitas pengusaha mebel itu mengalahkan figur lain seperti Prabowo Subianto dan Aburizal Bakrie, yang telah lama berambisi dan menyiapkan diri sebagai calon presiden.

Menghadapi fenomena itu, PDIP seharusnya tak ragu menjagokan Jokowi. Jika opsi menyodorkan Megawati sebagai calon presiden dipilih dan hanya menjadikan Jokowi sebagai calon wakil presiden sungguh berisiko. Mega bisa lagi-lagi kalah untuk ketiga kalinya. Sebaliknya, mengusung Jokowi sebagai calon presiden akan menguntungkan.

Problem serupa dihadapi partai-partai lain. Kepentingan para petinggi partai politik cenderung bertolak belakang dengan keinginan rakyat. Partai-partai tetap mengusung tokoh seperti Prabowo, Aburizal, dan Wiranto. Padahal kriteria calon pemimpin idaman masyarakat telah berubah.

Saat ini tengah korupsi yang merajalela, masyarakat mendambakan pemimpin yang bisa dipercaya. Ini berbeda dengan era sebelum ini dimana selera rakyat sebelumnya, yang menyukai pemimpin yang tampak gagah. Pergeseran selera rakyat ini semestinya diperhatikan partai politik. PDIP bisa memanfaatkan semaksimal mungkin figur Jokowi yang amat memenuhi kriteria idaman rakyat. Partai-partai pesaing pun bisa secepatnya mencari calon lain. Tentu masih banyak figur yang jujur, antikorupsi, dan peduli kepada rakyat. Republik ini pun akan beruntung bila memiliki sebanyak mungkin calon pemimpin seperti Jokowi.

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in News, Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s