Kesuksesan Lean Manufacturing pada Boeing Production System

Menarik! Itulah yang didapat dari pertemuan hari ini yang salah satunya membahas mengenai Lean Accounting. Masih berhubungan dengan tulisan sebelumnya tentang ilustrasi yang diberikan Mas Graha dan Mbak Dilamaya hari ini mengenai Lean Manufacturing pada perusahaan manufaktur pesawat Boeing. 

Baca ini. Tahun 1998, Boeing butuh  71 hari untuk merakit pesawat seri 777. Kemudian, Boeing berhasil menemukan cara untuk memangkas lead time tersebut menjadi hanya 37 hari pada pertengahan 2012. Boeing juga sukses memangkas 9 hari waktu perakitan akhir yang dibutuhkan untuk membuat pesawat 737, salah satu best-seller mereka, dari 20 menjadi hanya 11 hari saja. Bagaimana mereka bisa melakukannya?

Inilah Lean Manufacturing. Lean ==> hubungan dengan pemasok, manufaktur global yang mendukung visi masa depan, design-anywhere dan build-anywhere. Lean dan efisiensi adalah detak jantung Boeing Production System atau BPS

Mengenal Boeing Production System (BPS)

Boeing Production System (BPS) terdiri dari beberapa elemen yang bekerja secara harmonis untuk memastikan output yang berkualitas sangat tinggi dan cost-effective, yang tercipta dalam waktu paling singkat yang mungkin. Prinsip-prinsip BPS, yaitu Lean Manufacturing, Six Sigma, value stream, global manufacturing dan supplier relationship, adalah elemen-elemen paling kritikal untuk mempertahankan kemampuan kompetitif perusahaan.

Salah satu area improvement yang familiar di Boeing adalah “value stream” dari proses pembuatan pesawat terbang. Sederhananya, value stream adalah perwakilan dari keseluruhan aliran produksi pesawat terbang, dari mulai bahan baku hingga output final. Kata lainnya adalah, value stream adalah jalan yang dilalui oleh value yang diciptakan perusahaan, dalam bentuk barang dan jasa, untuk mencapai semua pelanggannya.

Dari pemasok menuju pabrik, menuju kantor operasional, hingga akhirnya menuju pasar, dalam aliran value stream terdapat banyak kesempatan untuk pemangkasan biaya dan peningkatan efisiensi. Dengan menjabarkan setiap aspek produksi pesawat terbang menjadi gigitan-gigitan kecil aktifitas yang mudah dicerna, identifikasi area improvement akan menjadi lebih mudah. Cara ini akan membantu meningkatkan fokus terhadap apa yang menambah nilai (value) dan apa yang tidak, dan secara fundamental mendorong penghematan biaya dan peningkatan kualitas.

Di Boeing, bagian dari proses value-stream telah menghasilkan implementasi dari berbagai praktek yang sukses, seperti yang digunakan oleh perusahaan manufaktur Jepang, Toyota atau Fujisawa, di lingkungan kerja mereka. In-house design serta peralatan dan mesin dengan ukuran tepat dianggap sebagai competitive advantage. Segala aktifitas dilakukan berbasis waktu, sesuai dengan kecepatan lini produksi, dan pada akhirnya sesuai dengan kecepatan permintaan pelanggan. Inventori diatur jumlahnya dengan menggunakan sistem “pull” kanban. Mistake-proofing dan built-in quality adalah aturan wajib di seluruh pabrik dan menjadi bagian dari setiap proses.

Pada akhirnya, kualitas adalah detak jantung dari aktifitas manufaktur di Boeing, dan kemampuan untuk mengenali kondisi normal dan abnormal memainkan peran penting dalam implementasi Lean dan dalam usaha membangun kualitas kedalam sistem manufaktur yang mereka jalankan.

Membawa Kualitas Kepada Level Tertinggi

Melalui beberapa kasus diatas, terlihat bahwa Boeing memiliki budaya improvement yang didorong oleh kreatifitas karyawannya. Kualitas adalah salah satu hal yang sangat diperhatikan Boeing dalam mempertahankan kemampuan kompetitifnya.

“Kualitas itu gratis, jika kita melakukan segalanya dengan benar sejak awal,” kata Wayne McCarty, Direktur Manufaktur Boeing 777. Dengan filosofi tersebut, Boeing secara agresif memperbaiki kualitas mereka

Sumber: http://shiftindonesia.com/bagaimana-boeing-memasukkan-kursi-besar-lewat-pintu-kecil-itu/

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s