Catatan Servis Berkala 40000 KM, Tentang Magnetic Clucth dan AC Anda

IMG-20131220-00333aavanza 40000KM

Late Post.  Kali ini berbagi mengenai servis berkala  Avanza 40.000 KM. Beberapa kawan mengatakan bahwa bagaimana bisa mobil keluaran 2007 baru menempuh jarak 40.000KM setelah 7 tahun lamanya. Dengan entengnya tentu saya jawab ya memang jarang dipakai.  Tentu ini kabar baik bagi pengincar mobil bekas. Sampai-sampai ada kawan yang ingin meminang mobil ini, tapi dengan tegas saya katakan tidak untuk dijual.

Page1

4 Busi Denso, 4 liter TMO Semy Syntethic, Air Filter Element, dan Drive Belt

Kembali ke soal servis.. Seperti biasa tempat langganan Nasmoco Mlati. Seminnggu sebelum servis sudah booking terlebih dahulu dan janjian jam 8 pagi. Jam 7 berangkat dari rumah karena jauhhh.. Servis 40000Km tergolong servis besar karena servis ini interval 20000KM, jadi beberapa item sparepart perlu diganti selain oli dan filter oli yang setiap 10.000KM memang rutin diganti, Item khusus yang menjadi perhatian dalam 40.000KM antara lain filter udara, ganti busi, kuras dan ganti minyak rem, minyak power steering serta oli transmisi yang lain saya lupa. Untuk biaya servis bagi kendaraan diatas 5 sebenarnya tergolong mahal. Tentu berbeda jauh dengan biaya servis kendaraan baru dibawah 5 tahun dimana banyak ATPM yang memberi garansi berupa gratis jasa servis hingga 50.000KM atau 5 Tahun.

IMG-20131226-00350a

Magnetic Clucth AC

Yang menjadi perhatian atau catatan servis 40.000KM ini adalah Pertama, soal magnetic clucth pada kompressor AC yang  sudah mulai aus. Gejalanya adalah muncul  suara ngorok dan suhu blower AC yang dinginnya tidak konstan. Sebelum memutuskan ganti saya coba googling dulu untuk mencari tahu apakah benar magnetic clucth yang bermasalah. Tentu saya tidak ingin dibohongi mentah-mentah oleh beres (bengkel resmi). Setelah cari tahu mengenai masalah magnetic clucth dan menemukan harga pasar spart part tersebut akhirnya deal juga untuk diganti. Catatan ke-2 mengenai tali kipas apa namanya drive belt?? yang sudah getas sehingga dikhawatirkan putus. Langsung ganti saja karena harganya tidak seberapa dibanding tiba-tiba putus dijalan bisa lebih runyam. Catatan ke-3 mengenai kopling yang sudah mendekati aus. Soal ini saya pending dulu setelah SA mengatakan yah kemungkinan masih bisa 10.000KM lagi jika membawanya halus.

Dari SA saya dapat informasi rusaknnya Magnetic Clucth biasanya akibat dari cara pengoperasian AC yang tidak benar. Misalnya, ketika melaju pada kecepatan tinggi, setelan temperatur AC diposisikan pada level agak rendah. Tujuannya agar suhu kabin enggak terlalu dingin serta irit bahan bakar. Tapi efeknya, lantaran magnetic clutch jadi cepat putus..nyambung..putus..nyambung, saat terjadi di putaran mesin tinggi akan membuat gesekan clutch berlangsung kasar. Lama-lama ya MC jadi cepat aus. Jadi lebih baik set AC pada full dingin saja. 

 

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Automotif.... Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s