Jadilah “the doer”, bukan sekadar “the thinker”.

wpid-13865402987331

Lama tidak mengisi blog ini, digitalthree akan mengangkat topik yang menarik akhir-akhir ini yakni Jadilah “the doer”, bukan sekadar “the thinker”. Apa yang menarik dari judul tulisan kali ini? Baiklah, baru-baru ini publik disodorkan beberapa tokoh baru yang sebenarnya sudah lama berkiprah di Indonesia namun sebagian besar dari kita belum mengenal sepak terjang mereka selama ini.

Ibu Susi Pudjiastuti, Pak Ignasius Jonan menjadi salah satu tokoh tersebut. Setelah diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019, banyak orang yang semakin tahu mengenai track record dan pencapaian Ibu Susi dari masa-masa sulit hingga kesuksesannya membangun bisnis serta kegiatan sosialnya. Lain halnya, Pak Ign. Jonan, walaupun tidak kenal langsung, namun berdasarkan buku Revolusi Kereta Api Indonesia yang pernah saya baca yang mengulas tentang gebrakan Jonan membenahi perkeretaapian, kinerjanya tidak perlu diragukan lagi.

2 tokoh ini membuat saya tertarik karena mampu menimbulkan optimisme bagi seseorang untuk yakin bahwa Indonesia bisa jauh lebih maju secara ekonomi baik pertumbuhan dan pemerataan pembangunannya. Sebelumnya kita telah Pak Jokowi, Pak Ahok, Bu Risma, Pak Ganjar Pranowo, Pak Ridwan Kamil. Merekalah orang-orang yang mampu memberi spirit bahwa kita masih bisa membenahi segala sesuatu yang rusak di negeri ini.

Tanpa orang yang memiliki semangat seperti beliau-beliau, sulit menciptakan perubahan yang lebih baik. Karena sebenarnya disetiap instansi misalnya tingkat kementerian hingga pemprov/pemda itu sudah ada kajian terhadap masalah, sudah ada opsi-opsi penyelesaian yang harus dilakukan. Hasil penelitian sudah cukup tersedia. Bahkan bila kajian terhadap masalah belum ada, menteri bisa meminta universitas dan lembaga penelitian untuk membuat kajian. Indonesia tidak kekurangan orang-orang cerdas yang mampu memberikan beberapa alternatif penyelesaian dari suatu masalah.

Saya mencoba membuat definisi seorang manajer/pemimpin. Manajer/pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bertindak, mengambil keputusan, mengimplementasi program, mengawasi pelaksanaan program di lapangan, dan terus melakukan penyempurnaan keberlanjutan. Ya itulah yang digitalthree lihat dari tokoh-tokoh yang tadi telah disebutkan. Yang diharapkan dari seorang manajer/pemimpin adalah kepiawaiannya dalam mengeksekusi keputusan dan menggerakkan roda organisasi.

Sudah menangkap maksud tulisan ini?

So, Jadilah “the doer”, bukan sekadar “the thinker”.  

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Daily Experience. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s