Air France 447: Vanished (Part 1 of 2)

48490edc1-1

Bagi yang suka menyaksikan National Geographic Channel tentu tahu dengan salah satu konten NG ini. Ya, serial dokumenter yang mengulas mengenai investigasi kecelakaan pesawat terbang ini sudah tayang sejak tahun 2000-an dan sekarang sampai season 15 dengan jumlah episode sekitar 110. Serial dokumenter ini memiliki nama yang berbeda, yakni Mayday” untuk daerah Canadian (Original), UK, Australian/Asia (National Geographic Channel) dan nama lainnya yaitu Air Emergency/Air Disaster. 

Kali ini digitalthree mencoba mengulas kembali kisah Air France AF447 yang merupakan Season 12 Episode 7 dengan judul “Air France 447: Vanished”. Ulasan ini disadur dari serial Air Crash Investigation serta beberapa sumber lain. Untuk lebih jelasnya googling saja episode ini di youtube.

Penerbangan Air France AF447 jenis A330- 200 registrasi F-GZCP  berangkat dari Rio de Janeiro menuju Paris, Prancis, pada 31 Mei 2005 pukul 22.29 GMT dengan melintasi Samudra Atlantik sebelah timur. Menjelang 4 jam penerbangan dengan ketinggian 35 ribu kaki, pilot melaporkan pada petugas ATC bahwa cuaca buruk (kumulonimbus) di sepanjang jalur penerbangan yang pada saat itu kapten sedang istirahat di ruangan tidur pilot di belakang kokpit. Karena penerbangan berlangsung selama 11 jam, setiap pilot beristirahat secara bergiliran. (Ada 3 pilot, yakni 1 kapten pilot dan 2 kopilot)

Airbus-A330_1414139c

Seorang kopilot duduk di kiri menggantikan kapten sebagai pilot flying (PF) dan kopilot yang lain duduk di sebelah kanan bertindak sebagai pilot monitor (PM). PF kemudian memberikan informasi kepada awak kabin untuk bersiap-siap karena akan memasuki cuaca buruk serta tanda kenakan sabuk pengaman dinyalakan. Dari diskusi di kokpit (rekaman CVR-Cockpit Voice Recorder-dalam investigasi), kedua kopilot menyadari bahwa mereka akan memasuki inter tropical convergence zone (ITCZ)—biasanya disertai cuaca buruk, awan cumulonimbus dan angin kencang–sama seperti keadaan cuaca di Laut Jawa pada saat kecelakaan Air Asia QZ8501. ITCZ yang menghadang AF447 mempunyai panjang kurang lebih 100 nautical mile dan lebar 60 nautical mile.

Setelah berada di dalam awan selama kurang lebih setengah jam, tiba-tiba indikator kecepatan menjadi tidak akurat dan menunjukkan kecepatan pesawat berkurang. Dengan data kecepatan yang tidak valid, yang pertama berhenti bekerja dengan melepaskan diri/off ialah autopilot disertai warning lampu merah di depan kedua pilot, dan suara aural cavalry seperti bunyi trompet pasukan kavaleri. Dengan sigap kopilot yang duduk di sebelah kiri mengambil alih kemudi secara manual menggunakan joy stick. Namun, bersamaan dengan itu, peringatan demi peringatan terus bermunculan di layar LCD pada electronic centralized aircraft monitor (ECAM) yang disertai aural ‘ping’ tanpa henti-hentinya. Data kerusakan itu langsung terkirim melalui satelit ke pusat maintenance Air France di Paris melalui aircraft communication and reporting system (ACARS) yang membuat petugas pusat maintenance Air France bingung  karena ada 24 kerusakan pada sistem komputer pesawat dalam waktu bersamaan.

pfd-airspeed-air-france-447

ilustrasi

Kerusakan demi kerusakan yang bermunculan membuat kedua kopilot kebingungan dan tanpa indikator kecepatan yang akurat, yang dikerjakan PF ialah menarik joy stick ke belakang yang membuat pesawat mendongak lebih dari 15 derajat dengan kecepatan vertikal yang luar biasa, 7.000 kaki per menit, sampai mencapai ketinggian 38 ribu kaki. Ketinggian tersebut, dengan keadaan berat pesawat pada saat itu, merupakan ketinggian maksimum. PF tetap mempertahankan posisi mendongak dari pesawat dengan cara tetap menahan posisi joy stick ke belakang sehingga mencapai kecepatan minimum yang membuat pesawat kehilangan daya angkatnya dan mulai jatuh dengan istilah stall.

Bersambung ke tulisan selanjutnya…  Air France 447: Vanished (Part 2 of 2) klik disini

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Movies and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s