Dibalik iPhone dkk Ada FOXCONN: Angka dan Fakta Fantastis. (Bagian 1 dari 2)

Selamat Datang di artikel berseri digitalthree. Artikel kali ini akan mengulas perusahaan raksasa dibalik kesuksesan Apple dan kawan kawan. Siapa yang tidak kenal dengan produk Apple? Tentu hampir semua orang minimal pernah mendengarnya. Tapi apakah Anda tahu ada perusahaan lain dibalik suksesnya iPhone dan iPad selama ini? Simaklah artikel berseri digitalthree kali ini. Selamat Membaca.

CHINA_-_FOXCONN_WORKERS_-BANNER

iPhone dan iPad, (produk smartphone dan tablet keluaran raksasa teknologi Apple inc.) merupakan salah satu produk gadget paling populer di muka bumi. Setiap peluncuran seri terbarunya ribuan orang rela antre untuk mendapatkan unit terbarunya. Memang Luar biasa! Lebih dari sekedar jadi primadona, iPhone bahkan sampai menimbulkan fanatisme di kalangan penggunanya. Namun tahukah anda, iPhone iPad tersebut sebenarnya dibuat secara handmade oleh orang—orang yang bekerja di sebuah lingkungan pabrik raksasa yang mampu menampung hampir setengah juta orang?

foxconn-plant

Tercatat sebanyak 150.000 iPhone 5s yang dibuat oleh Foxconn Technology Group pada tahun 2013 lalu setiap harinya. Angka tersebut setara dengan 1,7 unit iPhone yang diproduksi per—detiknya. Tahun 2014 dan sampai artikel ini ditulis, Foxconn kembali “disibukkan” oleh pesanan dari Apple berupa 400.000 iPhone 6 dan 140.000 iPhone 6 Plus setiap hari dan jumlah ini terus bertambah. Coba hitung, berapa unit iPhone yang harus diproduksi oleh karyawan Foxconn setiap harinya!😀 Statistik diatas baru menggambarkan jumlah produksi iPhone. Belum lagi menghitung banyaknya produk Apple yang lain seperti iPad, atau pesanan klien Foxconn yang lain, seperti Sony, Hewlett—Packard, Dell, PlayStations dan Nintendo.

Foxxconn, Perusahaan asal Taiwan ini merupakan manufaktur outsource terbesar di dunia, yang hingga 2014 Foxconn tercatat memiliki 30 kawasan industri dan jumlah karyawan yang mencapai lebih dari 1,2 juta orang. Dengan jurnlah karyawan sebanyak itu, Foxconn mampu menyerap 40% laba global dari keseluruhan industri manufaktur elektronik, yang menempatkan perusahaan tersebut di urutan ke-43 pada daftar Global Fortune 500.

Bangun Pabrik seperti sebuah Kota

Foxconn Technology Group pertama kali didirikan pada tahun 1974 oleh Terry Gun sebagai perusahaan manufaktur pembuat komponen—komponen clektronik. Pabrik pertamanya beroperasi di Longhua, Shenzhen, Cina pada tahun 1988. Sampai saat ini Foxconn telah mengoperasikan sekitar 20 pabrik yang tersebar di Asia, Eropa, Meksiko, Amerika Serikat dan Brazil. Tiga belas diantaranya beroperasi di Cina, yang banyak memproduksi produk-produk Apple.

iphone-back

Pabrik di Shenzhen menjadi pabrik terbesar dibanding pabrik-pabrik Foxconn lainnya, bahkan menjadi salah satu pabrik terbesar di dunia. Pada 2012 saja ada sekitar 240.000 orang yang bekerja di pabrik tersebut. Jumlah ini terus bertambah hingga menjadi sekitar 450.000 orang. Ini berarti, pabrik tersebut mampu menampung hampir setengah juta orang! Dalam sebuah wawancara eksklusif, seorang jumalis yang mendapat kesempatan melakukan tur ke pabrik Foxconn di Shenzhen mengungkapkan betapa besamya pabrik tersebut. “Setelah anda memasuki gerbang dan betjalan, anda akan mulai menyadari ini adalah sebuah kota,”.

Luas pabrik Foxconn di Shenzhen mencapai 1000 km lebih dan terdiri dari 15 bangunan pabrik dengan fasilitas bank, restoran fast-food, kafetaria, pusat perbelanjaan, perpustakaan, bahkan sebuah toko untuk foto-foto pernikahan. Selain itu, ada juga fasilitas olahraga seperti lapangan basket, tennis, tempat gym, dua kolam renang besar, dan sebuah stadion sepak bola yang berada di tengah-tengah kampus. Foxconn bahkan memiliki saluran radio dan TV sendiri yang diberi nama “Voice of Foxconn” dan “Foxconn TV”.

hon-hai-foxconn-shenzhen-factory-map

Mendiang Steve Jobs, CEO Apple waktu itu bahkan pernah memuji Foxconn.”Jika kita pergi ke pabrik dimana iPhone dan iPad di buat, anda bisa melihat mereka memiliki restoran, bioskop, rumah sakit, bahkan kolam renang. Maksud saya, untuk ukuran sebuah pabrik, Apple telah memilih pabrik yang sangat baik.”

Untuk memenuhi permintaan iPhone 6 series, Foxconn memproduksi 400.000 iPhone 6 dan 140.000 iPhone 6 Plus setiap harinya. Tapi, temyata menurut sumber internal di Foxconn jumlah ini masih belum bisa memenuhi tingginya permintaan pasar akan kedua produk iPhone tersebut.

Dulu saat iPhone 5S dan 5C akan diluncurkan, Foxconn menjadi satu—satunya assembler utama yang memproduksi iPhone 5S. Untuk bisa memenuhi kapasitas produksi yang diinginkan Apple, setidaknya Foxconn harus menyediakan 100 lini perakitan dan menerapkan 24 jam kerja per hari. Itupun hanya sebagian saja iPhone 5C yang diproduksi di Foxconn, selebihnya Apple mengontrak pemasok lain untuk memproduksi iPhone 5C

Laporan The Wall Street Journal menunjukkan ada lebih dari 300.000 pekerja di pabrik Zhengzhou, intens bekerja untuk membuat iPhone 5S. Untuk dapat memenuhi permintaan pasar, pengerjaan produksi iPhone 5S Jumlah ini lebih banyak 100 orang dibanding pengerjaan iPhone 5 membutuhkan 600 pekerja.

Permintaan Apple yang tinggi dan total pekerja yang banyak membuat Foxconn harus menghadapi beberapa resiko, salah satunya terkait perlindungan dan keselamatan kerja karyawan. Salah satu kasus yang menimpa beberapa pekerja Foxconn hingga memakan 3 korban tewas dan puluhan orang luka-luka membuat Foxconn menjadi bulan-bulanan media. Pemberitaan yang mencuat saat itu adalah tentang kondisi kerja yang buruk di pabrik Foxconn.

Bersambung ke artikel selanjutnya…

Dibalik iPhone dkk Ada FOXCONN: Angka dan Fakta Fantastis. (Bagian 1 dari 2)

Dibalik iPhone dkk Ada FOXCONN: Pekerja Bagai Robot  (Bagian 2 dari 2)

About vincenthree

Im young, talented, I like a challenge, reliable, and creative. I try to share about news, knowledge and my experience in my life, my college, you can read any topics, more than digital, IT, musics, autos, adventure, healthy life, etc
This entry was posted in Finance n Economy, IT and Computer's and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s